RISK ASSESSMENT PEKERJAAN RIGGING DENGAN CRANE OLEH TENAGA KERJA BONGKAR MUAT PELABUHAN GRESIK

IKA AGUSTINA KISWANTI, 101011285 (2013) RISK ASSESSMENT PEKERJAAN RIGGING DENGAN CRANE OLEH TENAGA KERJA BONGKAR MUAT PELABUHAN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-kiswantiik-26260-6.abst-k.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan yang melibatkan bongkar muat barang memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Bongkar muat barang menggunakan alat mekanik dilakukan untuk kelancaran arus barang. Penelitian ini dilakukan pada pekerjaan rigging dengan crane di pelabuhan Gresik. Pekerjaan rigging dilakukan oleh tenaga kerja bongkar muat (TKBM) dengan tugas utama yaitu mengikat dan melepas beban (pupuk in-bag) menggunakan alat bantu angkat yaitu wire rope sling. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross-sectional. Tujuan penelitian yaitu melakukan risk assesment pekerjaan rigging dengan crane oleh TKBM Pelabuhan Gresik. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi pekerjaan untuk mengidentifikasi bahaya, menganalisis dan mengevaluasi risiko juga untuk mengidentifikasi upaya pengendalian yang dilakukan. Wawancara dilakukan pada supervisor, rigger dan operator crane. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan risk assessment matrix (RAM). Bahaya yang teridentifikasi meliputi : bahaya fisik, kimia, biologi, ergonomi, gravitasi, mekanik, listrik dan bahaya kinetik. Hasil evaluasi menunjukan bahwa terdapat 23 bahaya dan 42 risiko yang teridentifikasi. Dari 42 risiko, 13 dikategorikan risiko tinggi, 26 risiko sedang dan 3 risiko rendah. Pengendalian risiko yang telah dilakukan oleh sektor informal ini berupa pelatihan bagi operator crane, pemeriksaan wire rope sling, dan pemakaian APD oleh operator crane. Dapat disimpulkan bahwa pengendalian risiko yang telah dilaksanakan masih belum memadai. Disarankan untuk melakukan identifikasi bahaya secara berkala, melakukan pelatihan bagi rigger dan memenuhi APD bagi rigger dan signalman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 15/13 Kis r
Uncontrolled Keywords: RISK ASSESSMENT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
IKA AGUSTINA KISWANTI, 101011285UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny Ardyanto W, Dr. ., Ir.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 30 Jul 2013 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 06:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22469
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item