ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN POLI ANAK BERDASARKAN PROFILE CHART (STUDI DI RUMAH SAKIT WIYUNG SEJAHTERA)

KHOIRUN NISA, 100610153 (2011) ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN POLI ANAK BERDASARKAN PROFILE CHART (STUDI DI RUMAH SAKIT WIYUNG SEJAHTERA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nisakhoiru-17278-fkm256--k.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-nisakhoiru-14440-fkm256--e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan bisnis rumah sakit semakin ketat sehingga menuntut rumah sakit untuk mengembangkan diri dengan menyelenggarakan pelayanan yang bermutu dan memberi kepuasan terhadap konsumen. Permasalahannya, pada tahun 2007-2009, terdapat penurunan kunjungan pasien Poli Anak di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera sebesar 0,44% per tahun. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepentingan dan penilaian pasien terhadap kualitas pelayanan Poli Anak berdasarkan profile chart. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik tentang tingkat kepentingan dan kepuasan pasien terhadap variabel kualitas pelayanan menurut dimensi Dabholkar yang terdiri dari aspek fisik, aspek reliabilitas, aspek interaksi personal, aspek pemecahan masalah dan aspek kebijakan. Pengambilan sampel secara quota sampling didapatkan 43 responden, dengan metode analisis data adalah importance-performance analysis dengan profile chart Hasil importance-performance analysis dengan profile chart menurut dimensi Dabholkar, ditemukan bahwa pada aspek fisik, aspek pemecahan masalah dan aspek kebijakan semuanya merupakan strength, sedangkan pada aspek reliabilitas, strength terdapat pada pelayanan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan yang cepat dan tepat, tindakan cepat pada saat pasien membutuhkan, jaminan keamanan pelayanan dan kepercayaan terhadap pelayanan, pengetahuan dan kemampuan dokter spesialis dan perawat, weakness pada pengetahuan dan kemampuan petugas loket. Pada aspek interaksi personal, strength terdapat pada keterampilan para dokter spesialis anak dalam berkomunikasi, pemberikan informasi yang jelas, dan mudah dimengerti. perhatian dokter kepada setiap pasien, serta pelayanan tanpa memandang status sosial, weakness pada keterampilan petugas kasir dalam berkomunikasi serta perhatian perawat dan petugas kasir terhadap pasien. Saran dari penelitian adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petugas kasir serta hendaknya lebih memberikan perhatian kepada pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 256/10 Nis a
Uncontrolled Keywords: Poly Child, importance-performance analysis (Dabholkar), service quality, and profile charts
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
KHOIRUN NISA, 100610153UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus Supriyanto, Prof., Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 29 Mar 2011 12:00
Last Modified: 11 Oct 2016 01:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22480
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item