ANALISIS EQUITY PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN STATUS PEMBAYARAN (Pada Peserta Jamkesmas, ASKES, dan Umum di Wilayah Kerja Puskesmas Tambakrejo Surabaya)

NINDA KARUNIA RAHAYU, 100810059 (2013) ANALISIS EQUITY PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN STATUS PEMBAYARAN (Pada Peserta Jamkesmas, ASKES, dan Umum di Wilayah Kerja Puskesmas Tambakrejo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-rahayunind-22206-7.abstr-k.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang banyak dibutuhkan masyarakat untuk mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik. Hal ini tidak sejalan dengan adanya penurunan kunjungan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Salah satu penyebab rendahnya pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah equity pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis equity pelayanan kesehatan gigi dan mulut berdasarkan status pembayaran pada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Tambkarejo Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan rancang bangun cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat di wilayah kerja Puskemas Tambakrejo Surabaya sebanyak 90 responden. Equity dihitung berdasarkan kebutuhan dan pemanfaatan. Kemudian membandingkan nilai equity pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada kelompok Jamkesmas, ASKES, dan umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan equity antar kelompok. Sebagian besar menunujukkan bahwa nilai equity kelompok Jamkesmas lebih buruk bila dibandingkan dengan kelompok ASKES dan umum. Kesimpulan pada penelitian ini adalah equity kelompok Jamkesmas dalam hal pemanfaatan dokter gigi, pemeriksaan extra oral dan intra oral, penyampaian hasil diagnosis, rencana perawatan, dan informasi kesehatan gigi dan mulut, masih kurang dibandingkan kelompok lainnya. Oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 167/12 Rah a
Uncontrolled Keywords: EQUITY
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NINDA KARUNIA RAHAYU, 100810059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 08 Jan 2013 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 01:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22595
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item