TINGKAT STRES KERJA PADA PETUGAS PARAMEDIS DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM DAN BERSALIN RUMAH SAKIT SITI KHADIJAH SEPANJANG

PUTRI ARMYLA RAHAYU, 101211123020 (2014) TINGKAT STRES KERJA PADA PETUGAS PARAMEDIS DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM DAN BERSALIN RUMAH SAKIT SITI KHADIJAH SEPANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stress kerja merupakan reaksi seseorang terhadap tekanan atau tuntunan yang berlebihan di tempat kerja yang bersifat merugikan. Stress kerja pada perawat merupakan salah satu permasalahan dalam manajemen sumber daya manusia di rumah sakit. Hal ini disebabkan karena profesi tenaga paramedis merupakan tenaga kesehatan yang paling tinggi intensitas interaksinya dengan pasien dan sering berhadapan dengan situasi yang dapat menyebabkan terjadinya stress kerja. Penilitian deskriptif ini dilakukan dengan teknik quota sampling pada 40 petugas paramedis di ruang rawat inap penyakit dalam dan bersalin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 22 petugas paramedis (55%) yang bekerja di ruang rawat inap penyakit dalam dan bersalin rumah sakit Siti Khadijah Sepanjang berada pada tingkat stress kerja sedang. Kesimpulannya adalah stress kerja yang terjadi pada petugas paramedis akan menyebabkan timbulnya masalah dalam pekerjaan, misalnya saja kecelakaan dalam bekerja yang dapat merugikan petugas paramedis tersebut dan tentu saja dengan pasien yang ada. Penanganan terhadap stress kerja hendaknya juga menjadi suatu prioritas bagi pihak manajemen rumah sakit Siti Khadijah Sepanjang. Misalnya dengan melakukan rekreasi minimal 3 bulan sekali. Dengan memberikan cuti untuk petugas paramedis tersebut, dan lain sebagainya. Penelitian ini merekomendasikan bahwa perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara tingkat stress dengan karakteristik responden. Penelitian ini berguna sebagai sumber informasi unuk mengembangkan manajemen stress kerja petugas paramedis di rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 231/14 Rah t
Uncontrolled Keywords: JOB STRESS; ALLIED HEALTH PERSONNEL
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI ARMYLA RAHAYU, 101211123020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjipto Suwandi, Prof. Dr. , dr., M.OH.,Sp.OkUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Dec 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 11:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22678
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item