WINDI ASTRIANA, 040317876 (2009) ANALISIS HUBUNGAN GAYA HIDUP KONSUMEN DENGAN ADOPSI 3GMOBILE PHONE DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-astrianawi-10962-b45-k.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-astrianawi-10364-b4509.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
Abstract
Telepon genggam atau yang juga sering disebut mobile telephone merupakan salah sate jenis produk yang secara konsisten diikuti perkembangannya oleh konsumen. Berbagai fasilitas ditawarkan oleh pemasar, salah satunya adalah fasilitas 3G yang menawarkan banyak kemudahan untuk konsumen. Hal itu dimungkinkan karena kebutuhan konsumen yang semakin berkembang dan meningkat seiring perkembangan jaman. Oleh karena itu, pars pemasar berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin meningkat tersebut dengan mencoba menawarkan berbagai produk baru dengan strategi yang disesuaikan dengan karakteristik konsumen. Pemasar nantinya berharap bahwa konsumen akan merespon hadimya produk baru yang ditawarkan oleh pemasar dan kemudian mereka akan menentukan apakah mereka akan mengadopsi produk tersebut atau tidak. Seiring berkembangnya teknologi komunikasi, konsumen semakin dihadapkan pada keputusan yang sulit untuk menerima atau tidak berbagai inovasi produk yang ditawarkan oleh pemasar. Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas, maka rumusan permasalahan yang dapat diambil adalah apakah gaya hidup konsumen berhubungan dengan adopsi 3G mobile phone di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sample sebanyak 200 responden dan teknik analisis yang digunakan oleh peneliti adalah analisis factor dan analisis cluster, setelah itu digunakan anova untuk melihat perbedaan demografis masing-masing segmen yang terbentuk, dan juga crosstabulation dengan bantuan chi square untuk melihat hubungan antara gaya hidup dengan adopsi 3G mobile phone. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari sejumlah sample terbagi ke dalam 5 cluster dengan karakteristik masing-masing yang berbeda, sesuai dengan factor pembentuknya. Cluster yang terbentuk terdiri dari strugglers, value seekers, climbers, yuppies, dan thinkers. Dari hasil crosstab, dapat dilihat bahwa nilai signifikansi chi square adalah kurang dari 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara gaya hidup konsumen, yang dalam hal ini gaya hidup masing-masing cluster yang terbentuk, dengan adopsi 3G mobile phone. Bila dilihat dari table crosstabulation, maka terlihat bahwa cluster yang memiliki kecenderungan tinggi untuk mengadopsi 3G mobile phone adalah cluster strugglers dan yuppies. Selain itu jumlah pengadopsi terbesar ada pada cluster yuppies. Sehubungan dengan munculnya 3G mobile phone, responden pada cluster yuppies ini memberikan respon yang sangat baik. Mereka merasa bahwa produk baru tersebut dapat meningkatkan kesan trendy dan modern yang melekat pada diri mereka, sehingga mereka bukanlah konsumen yang tergolong ketinggalan jaman. Begitu juga dengan cluster strugglers, mereka cenderung mengadopsi 3G mobile phone ini karena mereka merasa bahwa produk ini dapat menunjang potensi din' yang mereka miliki, dengan mempertimbangkan segala sesuatunya dengan cermat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 45 / 09 Ast a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | adopsi, gaya hidup, cluster | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc. T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101-6720 Telecommunication |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dhani Karolyn Putri | ||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2009 12:00 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2016 01:15 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2288 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |