BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PINGGANG PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SURABAYA

NUR WAKHID WIRA ANOM SUPRAPTO, 100911378 (2011) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PINGGANG PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-supraptonu-20282-fkm531-k.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-supraptonu-17033-fkm531-b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perawat merupakan salah satu tenaga medis yang sangat berpotensi terhadap bahaya keluhan nyeri pinggang karena posisi kerja yang tidak ergonomis. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari beberapa faktor yang berhubungan dengan keluhan nyeri pinggang pada perawat di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya. Penelitian ini bersifat deskriptif, bedasarkan cara pengumpulan datanya termasuk penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah perawat Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya sebanyak 56 perawat yang pada saat penelitian hadir serta bersedia menjadi responden. Variabel bebas penelitian adalah umur, jenis kelamin, masa kerja, lama kerja,kebiasaan olahraga, kebiasaan merokok, status gizi dan sikap kerja. Pengambilan data melalui wawancara, kuesioner dan observasi. Kuat hubungan diuji dengan koefisien kontingensi (C). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hubungan antara karakteristik individu dan sikap kerja responden dengan keluhan nyeri pinggang dan tingkat keparahan keluhan nyeri pinggang tersebut memiliki hubungan yang sangat rendah dan rendah. Disarankan agar pihak Rumah Sakit mengatur waktu kerja dan lama istirahat perawat dan memberikan pelatihan kepada perawat tentang bagaimana sikap kerja yang baik sehingga dapat mengurangi risiko keluhan nyeri pinggang. Untuk perawat disarankan selalu memperhatikan nutrisi dan gizi yang dimaka serta mengikuti olahraga secara rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 53/11 Sup p
Uncontrolled Keywords: LOW BACK PAIN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NUR WAKHID WIRA ANOM SUPRAPTO, 100911378UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 18 Oct 2011 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 22:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item