RISK MANAGEMENT PADA OPERATOR LOKOMOTIF KERETA API DI PT. KERETA API (PERSERO) DAOP VIII DIPO LOKOMOTIF SIDOTOPO SURABAYA

ARI FATIMAH, 100 911351 (2011) RISK MANAGEMENT PADA OPERATOR LOKOMOTIF KERETA API DI PT. KERETA API (PERSERO) DAOP VIII DIPO LOKOMOTIF SIDOTOPO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fatimahari-20333-fkm541-k.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fatimahari-17056-fkm541-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Risk management adalah suatu upaya mengelola risiko K3 untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan sebagai pertimbangan dalam menentukan upaya pengendalian yang tepat. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mempelajari risk management pada operator lokomotif kereta api di PT. Kereta Api (Persero) Daop VIII Dipo Lokomotif Sidotopo Surabaya. Penelitian dilaksanakan secara observasional dengan rancangan cross sectional dan dianalisis secara deskriptif. Obyek penelitian adalah risk management pada operator lokomotif kereta api di PT. Kereta Api (Persero) Daop VIII Dipo Lokomotif Sidotopo Surabaya. Risk management dilakukan dari segi aktivitas operator dan lingkungan kerja operator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 33 potensi bahaya dan dilakukan penilaian risiko dengan menghasilkan 44 risiko dari bahaya tersebut. Diketahui tingkat risiko yang paling banyak adalah risiko rendah yaitu sebanyak 41 temuan. Risiko sedang sebanyak 3 temuan, dan 3 residual risk. Kesimpulan yang dapat ditarik setelah melakukan risk management adalah tingkat bahaya dan risiko bahaya terhadap operator lokomotif dapat diketahui. Tingkat residual risk diakibatkan karena kurangnya pelatihan, belum adanya safety talk sebelum dinas. Saran yang dapat diberikan kepada PT. Kereta Api (Persero) Daop VIII Dipo Lokomotif Sidotopo Surabaya adalah penunjukan tim yang berkompeten untuk melakukan risk management secara rutin, pelatihan cara kerja masinis secara rutin dan terjadwal, serta safety talk sebelum dinas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 54/11 Fat r
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM ; RISK MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ARI FATIMAH, 100 911351UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Y. Denny Ardyanto W, Ir., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 20 Oct 2011 12:00
Last Modified: 21 Oct 2016 22:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item