HUBUNGAN ANTARA INISIASI MENYUSUI DINI DENGAN INVOLUSI UTERI PADA IBU POST PARTUM ( Studi di RSU Krian Husada Balongbendo Sidoarjo )

SUCI MASRUROH, 100911320 (2011) HUBUNGAN ANTARA INISIASI MENYUSUI DINI DENGAN INVOLUSI UTERI PADA IBU POST PARTUM ( Studi di RSU Krian Husada Balongbendo Sidoarjo ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-masrurohsu-20469-fkm105-k.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-masrurohsu-17178-fkm105-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) merupakan proses membiarkan bayi mencari dan minum ASI sendiri segera setelah lahir dan memberikan kesempatan pada bayi untuk melakukan kontak kulit dengan ibu selama 30-60 menit. Rendahnya pelaksanaan IMD berdampak terhadap involusi uteri dan dapat menyebabkan angka kematian neonatal. Ibu yang melaksanakan inisiasi menyusui dini akan mempengaruhi terhadap involusi uterinya, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara inisiasi menyusui dini (IMD) dengan involusi uteri pada ibu post partum. Jenis penelitian dengan menggunakan metode studi korelasi sedangkan desain penelitian menggunakan “cross sectional” populasinya adalah semua ibu postpartum baik yang melaksanakan IMD dan tidak melaksanakan IMD di RSU Krian Husada Balongbendo Sidoarjo dengan sampel sebanyak 60 orang. Variabel independennya: Inisiasi Menyusui Dini (IMD), dan variabel dependennya: Involusi uteri. Pengumpulan data keduanya menggunakan lembar observasi yang diolah dengan menggunakan tabulasi silang dan uji statistik chi square. Hasil penelitian menunjukan mayoritas ibu yang melaksanakan IMD sebanyak 24 orang (40%) sebagian besar proses involusi uterinya cepat, sedangkan yang tidak melaksanakan IMD sebanyak 36 orang (60%) mayoritas proses involusinya lambat. Dari uji statistik chi square di peroleh hasil bahwa ρ hitung ( 0,000<0,05 ) yang artinya ada hubungan antara inisiasi menyusi dini (IMD) dengan involusi uteri pada ibu post partum. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di harapkan peran serta tenaga kesehatan untuk lebih meningkatkan penyuluhan kepada ibu tentang IMD. Hal ini di karenakan IMD juga dapat menurunkan angka kematian bayi karenanya perlu ditingkatkan fasilitas dan sarana yang menunjang pelaksanaan IMD khususnya di RSU Krian Husada Balongbendo Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 105 /11 Mas h
Uncontrolled Keywords: CHILDBRETH ; BREAST FEEDING
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG491-499 Diseases of the breast
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ251-325 Newborn infants Including physiology, care, treatment, diseases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Biostatistika dan Kependudukan
Creators:
CreatorsNIM
SUCI MASRUROH, 100911320UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Hari Basuki. N, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 26 Oct 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 00:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22940
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item