FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN RAWAT INAP

NOVITA SULYSTIYANINGRUM, 100511739 (2011) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN RAWAT INAP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sulystiyan-20489-fkm109-k.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sulystiyan-17198-fkm109-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan rawat inap merupakan salah satu unit pelayanan yang dapat menjadi indikator kualitas pelayanan suatu penyedia jasa kesehatan. BOR merupakan salah satu indikator untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan rawat inap oleh masyarakat. Kecenderungan menurunnya rata-rata BOR sebesar 2,5% dan masih rendahnya rata-rata BOR dalam 6 tahun terakhir yaitu sebesar 67,34% menunjukkan belum tercapainya target dan tujuan bagi Puskesmas Balerejo, Kabupaten Madiun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap keputusan masyarakat dalam memanfaatkan rawat inap di Puskesmas Balerejo, Kabupaten Madiun yang meliputi faktor internal (karakteristik masyarakat, karakteristik psikologi dan karakteristik social) dan proses pengambilan keputusan. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dan menurut waktu penelitian merupakan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di wilayah Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan systematic random sampling. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa faktor yang berpengaruh terhadap pencarian informasi adalah umur, jenis kelamin. Sedangkan variabel yang berpengaruh terhadap evaluasi alternatif adalah tingkat pendidikan.Variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah pengalaman, kelompok referensi dan pengambil keputusan. variabel signifikan mempengaruhi keputusan pembelian karena p < 0,05. Selain itu, dari penelitian ini diperoleh gambaran bahwa antara responden rawat inap dan tidak rawat inap memiliki karakteristik individu, karakteristik psikologis dan karakteristik sosial yang berbeda. Sebagai upaya untuk meningkatkan penggunaan rawat inap di Puskesmas Balerejo, Kabupaten Madiun, maka sebaiknya pihak puskesmas memperbaiki kembali fasilitas dan kualitas pelayanan yang diberikan serta meningkatkan keramahan petugas. Dengan adanya perbaikan dari beberapa aspek tersebut diharapkan dapat menjadikan Puskesmas Balerejo menjadi Puskesmas mandiri dengan memberikan pelayanan prima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 109 /11 Sul f
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL PROMOTIONS ; MARKETING MIX
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NOVITA SULYSTIYANINGRUM, 100511739UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLailatul Muniroh, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 27 Oct 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 20:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22951
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item