ERNI DIAH KUSUMAWARDANI, 04117082 (2009) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN SELEBRITI SEBAGAI ENDORSER PADA IKLAN HONDA VARIO DI TELEVISI TERHADAP PERSEPSI PEMIRSA ATAS DIMENSI BRAND PERSONALITY HONDA VARIO DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-kusumaward-11536-b6809-k.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-kusumaward-10557-b6809.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Merek yang kuat akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sebagai upaya untuk menciptakan merek yang kuat di mata konsumen adalah dengan melakukan diferensiasi yang akan membedakan suatu merek dengan merek lain dari produk yang sejenis. Diferensiasi ini dapat dilakukan dengan cara menciptakan kepribadian merek (brand personality). Salah satau cara untuk menciptakan kepribadian merek adalah dengan mentransfernya dari selebriti yang menjadi endoser merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh antara faktor-faktor pemilihan selebriti sebagai endorser pada iklan televisi Honda Vario terhadap persepsi pemirsa atas dimensi brand personality Honda Vario di Surabaya. Faktorfaktor yang mempengaruhi pemilihan selebriti sebagai endorser (kredibilitas selebriti, kesesuaian selebriti dengan penonton, kesesuaian selebriti dengan merek, daya tarik selebriti dan dampak kepopuleran selebriti) akan digunakan sebagi prediktor brand personality Honda Vario, Sampel penelitian diambil sebanyak 200 orang yang pernah menyaksikan iklan Honda Vario yang dibintangi oleh Agnes Monica. Analisis menggunakan analisa regresi linier berganda, dengan uji t sebagai uji parsial dan uji F sebagai uji model simultan. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh penggunaan selebriti sebagai endoser pada iklan televisi Honda Vario terhadap persepsi pemirsa atas dimensi brand personality Honda Vario ditunjukkan dengan persamaan sebagai berikut: Y = 1,597 + 0,102 X1+ 0,087 X2 + 0,093 X3+ 0,172 X4 + 0,164 X5 + e. Dari hasil tersebut tampak bahwa seluruh faktor pemilihan selebriti sebagai endorser memiliki arah yang positif terhadap brand personality Honda Vario. Sedangkan hasil pengujian parsial membuktikan bahwa kelima variabel yang diteliti (kredibilitas selebriti, kesesuaian selebriti dengan penonton, kesesuaian selebriti dengan merek, daya tarik selebriti dan dampak kepopuleran selebriti) terbukti berpengaruh signifikan terhadap brand personality pada derajat kepercayaan 95 %. Hasil uji secara simultan di dapatkan uji F hitung sebesar 92,956 dengan signifikansi 0,000 jauh dibawah 5%, hal ini menunjukkan model keseluruhan terbukti signifikan sebagai prediktor terhadap brand personality. Dari analisis R square di dapatkan kemampuan model dalam menjelaskan perubahan brand personality Honda Vario adalah sebesar 70,6 %. Ini artinya model diluar faktor yang diteliti menentukan 29,4 % menentukan brand personality Honda Vario.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 68 / 09 Kus p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Brand personality, selebriti, endorser, perilaku konsumen | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc. H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dhani Karolyn Putri | ||||||
Date Deposited: | 25 Mar 2010 12:00 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2016 01:19 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2296 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |