EVALUASI PENYEHATAN RUANG BANGUNAN DAN HALAMAN RUANG MAWAR MERAH DAN MAWAR PUTIH DI RSUD KABUPATEN SIDOARJO

WAHYUADI PRAYITNO, 100911361 (2011) EVALUASI PENYEHATAN RUANG BANGUNAN DAN HALAMAN RUANG MAWAR MERAH DAN MAWAR PUTIH DI RSUD KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-prayitnowa-20529-fkm129-k.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-prayitnowa-17228-fkm129-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut data statistik di website Dirjen Bina Yanmed kebanyakan rumah sakit di Indonesia (terutama milik pemerintah dan sebagian milik swasta) dalam keadaan memprihatinkan karena gedungnya sudah tua dan arsitekturnya tidak memenuhi syarat kesehatan lagi, apalagi tidak memenuhi teknologi bangunan yang harus menampung kemajuan teknologi kedokteran modern. Tujuan umum penelitian ini adalah Mengevaluasi Penyehatan Ruang Bangunan dan Halaman Ruang Mawar Merah dan Putih di RSUD Kabupaten Sidoarjo Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif, menurut waktunya merupakan penelitian cross sectional. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pengukuran faktor lingkungan fisik. Obyek penelitian ini adalah ruang bangunan rawat inap dan halaman Ruang Mawar Merah dan Putih di RSUD Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUD Kabupaten Sidoarjo terletak di kawasan yang bebas dari banjir, becek, genangan air, dan debu. Lantai, atap, langit-langit dan dinding di ruang mawar merah dan putih dibuat kokoh dan bewarna terang, luas ventilasi >15% dari luas lantai dan pintu dibuat tidak ada celah pada tiap sisinya. Pencahayaan buatan masih kurang karena cahaya yang dihasilkan masih redup, suhu di dalam ruangan masih tinggi, dan kebisingan di dalam ruangan masih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa letak rumah sakit, konstruksi bangunan, kelembaban dan pencahayaan alami masih memenuhi persyaratan yang tercantum dalam Kepmenkes RI No : 1204/MENKES/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. Namun pencahayaan buatan, suhu, dan kebisingan belum memenuhi persyaratan yang tercantum dalam Kepmenkes RI No : 1204/MENKES/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 129 /11 Pra e
Uncontrolled Keywords: SOCIAL FACILITATION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA604-618 Parks, public baths, public carriers, buildings, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
WAHYUADI PRAYITNO, 100911361UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHario Megatsari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 31 Oct 2011 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22962
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item