BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA PRAMUWISATA UMUM DI BALI (Studi Pada Pramuwisata Umum Di Obyek Wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Propinsi Bali)

PUTU PRABOWO, 100710082 (2011) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA PRAMUWISATA UMUM DI BALI (Studi Pada Pramuwisata Umum Di Obyek Wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Propinsi Bali). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-prabowoput-20539-fkm120-k.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-prabowoput-17239-fkm120-b-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sektor pariwisata termasuk penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) utama bagi Bali, sehingga keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pramuwisata perlu diperhatikan. Keluhan musculoskeletal disorders sering dialami oleh pramuwisata namun sampai saat ini belum ada data mengenai faktor yang berhubungan dengan tingkat keluhan musculoskeletal disorders pada pramuwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari faktor yang berhubungan dengan tingkat keluhan musculoskeletal disorders pada pramuwisata umum di Bali, dengan studi dilakukan di obyek wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Propinsi Bali. Diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi pada keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Bali, khususnya bidang ergonomi. Penelitian ini bersifat observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah karakteristik responden (umur, masa kerja, lama jam kerja, dan status gizi) dan sikap kerja, dan variabel dependen adalah tingkat keluhan musculoskeletal disorders. Sampel sejumlah 139 responden yang diambil dengan metode simple random sampling dari populasi yang tidak terbatas atau infinite. Hubungan antar variabel dianalsisis dengan uji chi square (χ2). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bermakna (p<0,05) antara umur dengan tingkat keluhan musculoskeletal disorders pada pinggul dan lutut kirilama masa kerja dengan tingkat keluhan musculoskeletal disorders pada lutut dan pinggul, sikap kerja dengan tingkat keluhan musculoskeletal disorders pada pinggul. Disarankan agar Dinas Kesehatan Propinsi Bali meningkatkan promosi kesehatan di bidang ergonomi tentang cara mengatur waktu kerja dan istirahat, serta peregangan atau stretching saat bekerja untuk mencegah terjadinya musculoskeletal disorders.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 120 /11 Pra b
Uncontrolled Keywords: MUSCULOS KELETAL
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
PUTU PRABOWO, 100710082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSaenun, dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 31 Oct 2011 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 22:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22969
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item