HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, PENGETAHUAN DAN SIKAP PENGEMUDI DENGAN PENERAPAN KESELAMATAN PENGANGKUTAN BAHAN KIMIA BERBAHAYA DI PT. PETROKIMIA GRESIK

DIMAS ALI AKBAR, 100911385 (2011) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, PENGETAHUAN DAN SIKAP PENGEMUDI DENGAN PENERAPAN KESELAMATAN PENGANGKUTAN BAHAN KIMIA BERBAHAYA DI PT. PETROKIMIA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-akbardimas-20624-fkm159-k.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-akbardimas-17308-fkm159-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan keselamatan pengangkutan bahan kimia berbahaya merupakan ketentuan yang berkaitan dengan keselamatan yang harus dilaksanakan ketika mengangkut bahan kimia berbahaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari penerapan keselamatan pengangkutan bahan kimia berbahaya, mengidentifikasi karakteristik individu (usia, tingkat pendidikan dan masa kerja), pengetahuan dan sikap, serta mempelajari kuat hubungan antara karakteristik individu, pengetahuan dan sikap dengan penerapan keselamatan pengangkutan bahan kimia berbahaya. Penelitian ini termasuk penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian dengan total populasi 44 pengemudi di unit loading bahan kimia berbahaya PT. Petrokimia Gresik. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara secara langsung dengan menggunakan alat bantu lembar observasi dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan program komputer. Keeratan hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan uji Koefisien Kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keselamatan pengangkutan bahan kimia berbahaya adalah cukup (50%), karakteristik pengemudi sebagian besar berumur > 40 tahun (75%), tingkat pendidikan SMP (43,2%), memiliki masa kerja ≤ 1 – 9 (47,7%), memiliki pengetahuan cukup (54,6%), memiliki sikap buruk (43,2%). Terdapat hubungan yang sedang antara masa kerja (C = 0,473), tingkat pendidikan (C = 0,411), dan sikap (C = 0,467) dengan penerapan keselamatan pengangkutan bahan kimia berbahaya. Terdapat hubungan yang rendah antara umur (C = 0,359) dan pengetahuan (C = 0,214). Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan disarankan untuk melaksanakan inspeksi secara rutin dan langsung observasi ke lapangan mengenai penerapan keselamatan pengangkutan bahan kimia berbahaya pengemudi, melakukan pelatihan yang bersifat simulasi atau praktek untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pengemudi mengenai keselamatan pengangkutan bahan kimia berbahaya dan meninjau kesehatan pengemudi kendaraan bahan kimia. Untuk pengemudi wajib mengikuti prosedur keselamatan pengangkutan bahan kimia berbahaya dan merawat dengan baik alat pelindung diri, APAR dan kelengkapan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 159 / 11 Akb h
Uncontrolled Keywords: TRANSPORTASI - LAW AND LAGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DIMAS ALI AKBAR, 100911385UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Martiana, Prof. Dr. dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 04 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 20:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23002
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item