RISIKO POLA MAKAN DAN KEBIASAAN MEROKOK TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (Studi di RSU Haji Surabaya)

NATALINA KASMAR, 100710228 (2011) RISIKO POLA MAKAN DAN KEBIASAAN MEROKOK TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (Studi di RSU Haji Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kasmarnata-20739-fkm212-k.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kasmarnata-17386-fkm212-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini, penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang sangat penting karena penyakit ini diderita oleh jutaan orang dan merupakan penyebab kematian utama di beberapa negara termasuk Indonesia. Beberapa faktor risiko diduga sangat berpengaruh terhadap timbulnya penyakit jantung koroner. Dua diantaranya adalah pola makan dan kebiasaan merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko pola makan dan kebiasaan merokok terhadap kejadian penyakit jantung koroner di RSU Haji Surabaya. Penelitian ini bersifat observasional dengan rancangan studi kasus kelola (case control study). Sampel kasus adalah pasien yang menderita PJK sebanyak 24 orang dan kontrol adalah pasien tidak PJK sebanyak 24 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara systematic random sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data dilakukan dengan menghitung odd ratio (OR) untuk mengetahui risiko pola makan dan kebiasaan merokok terhadap kejadian penyakit jantung koroner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko pola makan terhadap kejadian PJK bermakna dengan odd ratio (OR) sebesar 15,00. Risiko kebiasaan merokok tidak bermakna terhadap kejadian PJK. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pola makan merupakan faktor risiko PJK. Kebiasaan merokok bukan merupakan faktor risiko PJK. Disarankan bagi individu dan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, dan institusi lebih meningkatkan upaya pengendalian dan pencegahan penyakit jantung koroner.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 212 / 11 Kas r
Uncontrolled Keywords: CORONARY DISEASES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NATALINA KASMAR, 100710228UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucia Yovita Hendrati, S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 10 Nov 2011 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23048
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item