MENGEMBANGKAN HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT DAN DETERMINING CONTROL (HIRADC) SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PADA PT ECCO INDONESIA

AGUNG KHARISMA SANDI, 100710070 (2011) MENGEMBANGKAN HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT DAN DETERMINING CONTROL (HIRADC) SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PADA PT ECCO INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sandiagung-20770-fkm238-k.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sandiagung-17418-fkm238-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hazard Identification, Risk Assessment dan Determine Control (HIRADC) merupakan bagian dari standar OHSAS 18001:2007 klausa 4.3.1, dimana setiap organisasi harus menetapkan, membuat, menerapkan dan memelihara prosedur untuk melakukan identifikasi bahaya, penilaian resiko dan mementukan pengendalian bahaya dan resiko yang diperlukan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan kerena data yang di peroleh adalah data primer dengan melakukan observasi dan wawancara dengan Supervisor dan Koordinator HSE. Bila ditinjau dari segi waktu penelitian ini termasuk penelitian cross sectional. Cara pengumpulan data penelitian ini merupakan observasional yang dianalisis secara deskriptif. Hasil identifikasi bahaya yang dilakukan pada area injection PT. ECCO Indonesia diperoleh 40 temuan bahaya aktual dan potensial, potensi bahaya diantaranya adalah bahaya benda tajam, bahaya fisik, bahaya kimia, bahaya panas, bahaya ergonomi, bahaya bising dan bahaya terjatuh. Setelah dilakukan penilaian risiko diperoleh hasil medium risk level yaitu sebesar 77,5 % dan high risk level sebesar 22.5 %. Potensi bahaya yang diperlukan untuk menentukan langkah-langkah program pengendalian, tujuan dan sasaran yang dilakukan perusahaan sebesar 67,5 % Dari penilaian risiko ditemukan 9 potensi bahaya yang menjadi prioritas sehingga harus dikomunikasikan dan dapat diketahui oleh operator, supervisor, engineering dan production coordinator agar memahami risiko apa yang ada dalam kegiatan, tingkat risiko serta dampak yang ditimbulkannya, serta strategi untuk mengendalikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 238 11 San m
Uncontrolled Keywords: HAZAR DOUS WASTES ; RISK ASSESSMENT
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AGUNG KHARISMA SANDI, 100710070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Martiana, Prof. Dr. dr.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 11 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 22:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23066
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item