ANALISIS KEPATUHAN PERAWAT TERHADAP SOP PENCEGAHAN INFEKSI LUKA INFUS BERDASARKAN TEORI KEPATUHAN MILGRAM DI RSUD DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KOTA MOJOKERTO

INTAN SETYA P, 100710096 (2011) ANALISIS KEPATUHAN PERAWAT TERHADAP SOP PENCEGAHAN INFEKSI LUKA INFUS BERDASARKAN TEORI KEPATUHAN MILGRAM DI RSUD DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KOTA MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-intansetya-20775-fkm225-k.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-intansetya-17423-fkm225-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Besarnya angka infeksi luka infus di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto disebabkan karena beberapa penyebab seperti kepatuhan perawat dalam melakukan SOP pencegahan infeksi luka infus, lingkungan rumah sakit, serta kondisi dari pasien yang ada di rumah sakit. Berdasarkan hasil wawancara dsn data awal diputuskan bahwa kepatuhan perawat yang akan diteliti. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Wawancara dilaksanakan pada 75 perawat di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Subjek ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling. Variabel bebas penelitian adalah persepsi perawat terhadap SOP pencegahan infeksi luka infus, keterikatan perawat dengan organisasinya, tanggung jawab perawat, persepsi perawat tentang tipe kepemimpinan atasan, tekanan situasi, penghargaan atasan kepada bawahan, otoritas sah atasan, motivasi dari atasan kepada perawat dan variabel tergantung dari penelitian ini adalah kepatuhan perawat. Persentase ketidakpatuhan perawat melaksanakan SOP pencegahan infeksi luka infus di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto sebesar 64%. Pengujian hubungan menggunakan uji chi-square. Dari variabel bebas yang ada, variabel penghargaan dari atasan kepada perawat, otoritas sah atasan, serta motivasi dari atasan kepada perawat berhubungan dengan kepatuhan perawat. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa ketidakpatuhan perawat melaksanakan SOP pencegahan infeksi luka infus dapat diturunkan jika penghargaan atasan kepada perawat, otoritas sah atasan, serta motivasi atasan kepada bawahan juga ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 225 11 Int a
Uncontrolled Keywords: PHLEBITIS
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
INTAN SETYA P, 100710096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM. , M.Kes .UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 11 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 23:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23071
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item