ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN BALAI PENGOBATAN GIGI PUSKESMAS KREMBUNG SIDOARJO

ARIS MAULIDIYAH FIDIYANTI, 100710003 (2011) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN BALAI PENGOBATAN GIGI PUSKESMAS KREMBUNG SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fidiyantia-20877-fkm278-k.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fidiyantia-17518-fkm278-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam tiga tahun terakhir (2008-2010), jumlah kunjungan pasien di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Krembung mengalami penurunan yaitu sebesar 3,5%. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh penilaian pasien terhadap kepuasan pasien menurut aspek product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process, serta pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pasien menurut dimensi responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Krembung. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Wawancara dilakukan pada 70 pasien di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Krembung. Subyek ditarik dari populasi dengan cara accidental sampling. Variabel bebas adalah jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, penilaian pasien dan kepuasan pasien, sedangkan variabel tergantung adalah loyalitas pasien. Dari hasil tabulasi silang antara penilaian pasien dan kepuasan pasien, didapatkan bahwa ada pengaruh antara penilaian pasien terhadap kepuasan pasien (85,3% pasien menilai baik dan merasa puas). Begitu juga dengan tabulasi silang antara kepuasan pasien dan loyalitas pasien didapatkan bahwa ada pengaruh antara kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien (100% pasien merasa puas dan loyal). Penilaian pasien yang baik mempengaruhi kepuasan pasien dan kepuasan pasien mempengaruhi loyalitas pasien. Semakin baik penilaian pasien, semakin pasien merasa puas dengan pelayanan yang diterima. Begitu pula dengan loyalitas, semakin pasien merasa puas, semakin pasien loyal terhadap pelayanan kesehatan. Penilaian, kepuasan dan loyalitas pasien dapat dipertahankan dengan meningkatkan pemanfaatan pelayanan dengan menambah jenis pelayanan dan meningkatkan kegiatan promosi terutama untuk program kesehatan gigi dan mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 278 11 Fid a
Uncontrolled Keywords: PATIENTS SATISFACTION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ARIS MAULIDIYAH FIDIYANTI, 100710003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Thinni Nurul R, Dra.Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 16 Nov 2011 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 20:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23105
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item