NOVAN SUBEKTI, 100911287 (2011) HUBUNGAN KOMITMEN KARYAWAN DAN PIMPINAN DENGAN IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD DI RUANG IPIT RSUD SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-subektinov-20880-fkm277-k.pdf Download (292kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-subektinov-17521-fkm277-h.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
BOR dapat digunakan dalam pengukuran kinerja rumah sakit. Berdasarkan data per ruangan selama 4 tahun didapatkan BOR kurang dari standart 75% di ruang ICU dan ICCU (sekarang menjadi ruang IPIT). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan komitmen karyawan dan pimpinan terhadap implementasi balanced scorecard. Penelitian ini merupakan jenis rancangan cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah karyawan ruang IPIT (perawat dan petugas administrasi) dan pasien ruang IPIT. Pengambilan sampel karyawan dengan cara total sampling dan untuk pasien dengan proportionate stratified random sampling. Data dianalisis dengan SPSS dengan menggunakan uji chi square dengan signifikasi 0,25. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa komitmen karyawan mempunyai hubungan yang tidak signifikan (p = 1) dengan perspektif pelanggan, komitmen pimpinan mempunyai hubungan yang tidak signifikan (p = 0,685) dengan perspektif pelanggan. Komitmen karyawan mempunyai hubungan yang tidak signifikan (p = 0,332) dengan perspektif pertumbuhan pembelajaran, dan variabel komitmen pimpinan mempunyai hubungan yang tidak signifikan (p = 0,740) dengan perspektif pertumbuhan pembelajaran. Sedangkan komitmen karyawan mempunyai hubungan yang signifikan (p = 0,218) dengan pelatihan karyawan, komitmen pimpinan mempunyai hubungan yang signifikan (p = 0,081) dengan kepuasan karyawan. Komitmen karyawan mempunyai hubungan yang tidak signifikan (p = 1) dengan pelatihan, komitmen pimpinan mempunyai hubungan yang tidak signifikan (p = 0,816) dengan pelatihan. Dapat disimpulkan bahwa komitmen karyawan dan pimpinan mempunyai hubungan yang tidak signifikan terhadap perspektif pelanggan dan pertumbuhan pembelajaran, untuk perspektif keuangan dan proses bisnis internal sudah sesuai dengan target hasil. Saran berupa peningkatan komitmen karyawan melalui penyediaan fasilitas pekerjaan, penghargaan, memberikan pendidikan dan pelatihan, serta mengukur tingkat kepuasan dengan CSIndex.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM 277 11 Sub h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | HOSPITAL WORDS ; HOSPITAL - ADMINISTRATION | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Fariddio Caesar | ||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 27 Oct 2016 17:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23108 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |