ELLY SORAYA, 040317879 (2009) Pengaruh Kecerdasan intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ)Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Manajemen S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-sorayaelly-11565-b8209-k.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sorayaelly-10573-b8209.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berkaitan dengan hasil belajar yang ditempuh oleh mahasiswa terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya seperti kecerdasan karena belajar tidak hanya mengunakan pikiran saja tetapi juga dipengaruhi eh perasaan dan minat untuk terus belajar dan mencari sesuatu yang baru, karena hal tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah mencari seberapa besar tingkat kecerdasan mahasiswa serta mencari solusi untuk meningkatkan kecerdasan dan mengurangi kelemahan yang ada. Kecerdasan sendiri diklasifikasikan menjadi 3 yakni , kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi tidak menjamin seorang akan meraih kesuksesan, rena IQ hanya menyumbangkan kira-kira 20% bagi faktor-faktor yang menentukan sukses dalam hidup, dan yang 80% diisi oleh kecerdasan lainnya yakn kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Penelitian ini menggunakan studi populasi pada 182 ora mahasiswa Jurusan Manajemen S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga. Dengan menggunakan uji hipotesis regresi linier berganda, diperoleh hasil penelitian IQ,EQ,SQ secara bersama terhadap prestasi mahasiswa adalah signifikan dengan nilai = 0,000 (0,05). Secara parsial IQ,EQ,SQ mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi mahasiswa dengan nilai = (IQ) 0,00006, (EQ) 0,008 dan (SQ) 0,003. Dan faktor yang paling dominan adalah kecerdasan intelektual dengan hasil uji t sebesar 4,093. Dari hasiltersebut maka dapat disimpulkan tingkat kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual mahasiswa adalah lemah, karena hanya menghasilkan R Square sebesar 0,209 maka disarankan agar mahasiswa dapat lebih mengontrol emosionalnya, mencari pengalaman dan wawasa pengetahuan tidak hanya dikampus tetapi juga diluar kampus dan diharapkan dapat mempunyai tujuan hidup yang jelas serta dapat mengenali jati diri masing-masing dengan begitu dapat membantu untuk meningkatkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual masing-masing mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 82 / 09 Sor p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Intelligence Quotient(IQ),Emotional Quotient(EQ), Spiritual Quotient (SQ), Prestasi Akademik Mahasiswa. | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dhani Karolyn Putri | ||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2010 12:00 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2016 01:26 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2311 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |