KUALITAS KESEHATAN LINGKUNGAN RUMAH SAKIT ASPEK PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DAN GAS (Studi di Rumah Sakit Jiwa Menur Kota Surabaya)

HENNY APRILIAWATI, 100911335 (2011) KUALITAS KESEHATAN LINGKUNGAN RUMAH SAKIT ASPEK PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DAN GAS (Studi di Rumah Sakit Jiwa Menur Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-apriliawat-20883-fkm283-k.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-apriliawat-17524-fkm283-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan rumah sakit merupakan penyumbang limbah medis dan non medis. Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya menghasilkan limbah medis padat yang berkategori limbah infeksius dan limbah benda tajam. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengelolaan limbah medis padat rumah sakit. Jenis penelitian ini deskriptif. Populasi penelitian adalah semua petugas pengelolaan limbah medis padat, pengunjung dan masyarakat sekitar incenerator di RSJ Menur Surabaya. Sampel penelitian menggunakan random sampling 4 petugas, 51 pengunjung dan 37 masyarakat sekitar incenerator. Hasil penelitian ini adalah jenis limbah medis dengan kategori limbah infeksius, jumlah tempat limbah medis di setiap ruangan sudah memenuhi syarat kesehatan, tempat penampungan sampah semantara sudah memenuhi syarat kesehatan, proses pembuangan akhir limbah medis padat sudah memenuhi syarat. Kesimpulan limbah yang dihasilkan berkategori limbah infeksius dan benda tajam, pemusnahan limbah infeksius dan benda tajam yang terjadi di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya melakukan pembakaran sendiri. Tahap penampungan dan pengumpulan serta pengangkutan limbah medis sudah sesuai dengan KEPMENKES RI No.1204/MENKES/SK/X/2004, sudah tersedia incenerator, dampak yang dirasakan petugas salah satunya adalah tertusuk jarum suntik, sedangkan dampak yang dirasakan pengunjung adalah gangguan estetika, dan dampak yang dirasakan masyarakat sekitar incenerator adalah asapnya bau dan kotor dan gangguan sesak nafas. Disarankan agar Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya melakukan pemeriksaan sampel udara yang dihasilakan oleh cerobong asap hasil pembakaran sampah medis di incenerator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 283 11 Apr k
Uncontrolled Keywords: HOPITAL - WASTE DISPOSAL ; HOSPITAL - ENVIRONMENTAL SERVICES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
HENNY APRILIAWATI, 100911335UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarmaji, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 16 Nov 2011 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23111
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item