IRMA MOERYANTHI, 040419017 (2009) PENGARUH FAMILIARITY TERHADAP WORD OF MOUTH COMMUNICATION MELALUI KEPEDULIAN DAN KEPERCAYAAN ( Penelitian Pada Mahasiswa Penyusun Skripsi Program Studi Strata Satu Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-moeryanthi-11566-b8309-k.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-moeryanthi-10574-b8309.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Familiarity merupakan penilaian atau persepsi pengguna jasa atas keakraban penyedia jasa dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa. Keakraban itu sendiri berasal dari hasil kumpulan pengalaman yang terkait dengan hubungan antara pelanggan dengan penyedia jasa. Pengalaman yang diperoleh penyedia jasa akan membentuk pengetahuan tentang pengguna jasanya agar dapat mengenal betul dan memperlakukan mereka secara personal. Keakraban ini akan menyebabkan penilaian pengguna jasa atas kepedulian (care) dari penyedia jasa yang memperhatikan pengguna jasanya. Pengguna jasa yang dipedulikan oleh penyedia jasa akan merasa bahwa kebutuhannya terpenuhi dengan baik, sehingga akan menimbulkan rasa percaya (trust) kepada penyedia jasa bahwa penyedia jasa memang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Perusahaan penyedia jasa kini lebih mengedepankan hubungan dengan pelanggannya (customer relationship) dengan harapan dapat menarik pelanggan baru melalui word of mouth communication (informasi positif dari mulut ke mulut) yang disampaikan pelanggannya tersebut. Penelitian ini mengangkat permasalahan pengaruh familiarity terhadap word of mouth communication melalui care dan trust, dengan setting penelitian yakni pada hubungan yang terjalin antara mahasiswa penyusun skripsi Prodi S1 FE UNAIR dengan dosen pembimbingnya dalam proses pembimbingan skripsi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah familiarity, care, trust, dan word of mouth communication. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 100 orang responden. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling (sampling acak sederhana) proporsional dari 3 Prodi FE UNAIR, yaitu Prodi S1 Manajemen, Prodi S1 Akuntansi, dan Prodi S1 Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP). Sedangkan Teknik analisis menggunakan Path Analysis yang diolah menggunakan program AMOS 16. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah familiarity berpengaruh signifikan terhadap care, care berpengaruh signifikan terhadap trust, dan trust berpengaruh signifikan terhadap word of mouth communication.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 83 / 09 Moe p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | familiarity, care, trust, word-of-mouth communication. | ||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2335.95-2337 Endowments, trusts, etc. |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dhani Karolyn Putri | ||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2010 12:00 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2016 01:26 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2312 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |