RISK ASSESSMENT DAN PENGENDALIAN RISIKO PADA PROSES PENGGERINDAAN DI BENGKEL X SURABAYA

SATYA WIRAPUTRA, 100911053 (2013) RISK ASSESSMENT DAN PENGENDALIAN RISIKO PADA PROSES PENGGERINDAAN DI BENGKEL X SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 177-13 Wir r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Risk assessment adalah keseluruhan proses memperkirakan besarnya suatu risiko dan memutuskan apakah risiko tersebut dapat diterima atau tidak. Tujuan khusus penelitian ini adalah mengidentifiksi bahaya, melakukan penilaian risiko murni, menilai cara pengendalian risiko dan melakukan penilaian risiko sisa yang berhubungan dengan proses penggerindaan pada Bengkel X Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian observasional dan menurut waktunya penelitian ini termasuk penelitian cross sectional. Data primer dikumpulkan dengan cara wawancara dan observasi. Obyek penelitian ini adalah proses penggerindaan meliputi penggerindaan danga alat gerinda duduk dan alat gerinda tangan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif menggunakan risk assessment matrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi bahaya yang ditemukan sebanyak 15 bahaya, dengan 10 risiko murni masuk dalam kategori high risk,4 risiko masuk dalam kategori medium risk, dan 1 risiko masuk dalam kategori low risk. Hanya terdapat 3 pengendalian dengan nilai efektifitas 50% sedangkan yang lain 0%. Sehingga risiko sisa yang didapat adalah 7 risiko dengan kategori high risk, 7 risiko dengan kategori medium risk, dan 1 risiko masuk kategori low risk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa risiko yang berhubungan dengan proses penggerindaan pada Bengkel X Surabaya adalah tinggi dan penerapan upaya pengendalian masih kurang baik. Perusahaan disarankan melaksanakan semua upaya pengendalian untuk menurunkan kategori risiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 177/13 Wir r
Uncontrolled Keywords: Risk assessment
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG9201-9245 Mutual life insurance. Assessment life insurance. Fraternal life insurance
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SATYA WIRAPUTRA, 100911053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Rohim Tualeka, Dr., Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Nov 2013 12:00
Last Modified: 29 Aug 2016 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item