OPTIMALISASI COST RECOVERY RATE BERDASARKAN BIAYA SATUAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (Studi Kasus di UPF Konservasi RSGM FKG UA)

ARIFAH RIDHATUL AINI, 101111345 (2013) OPTIMALISASI COST RECOVERY RATE BERDASARKAN BIAYA SATUAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (Studi Kasus di UPF Konservasi RSGM FKG UA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 184-13 Ain o.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Harga atau tarif merupakan salah satu faktor keunggulan yang harus dimiliki oleh organisasi yang nantinya akan mempengaruhi besarnya cost recovery rate (CRR). Cost Recovery Rate di UPF Konservasi RSGM FKG UA sebesar 81,57% periode Tahun 2012. Pada UPF Konservasi RSGM FKG UA perlu melakukan perhitungan biaya satuan pada setiap aktivitas pelayanan kesehatan guna mengoptimalkan CRR. Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian besarnya biaya satuan setiap jenis pelayanan di UPF Konservasi RSGM FKG UA sebagai dasar optimalisasi CRR. Desain penelitian ini observasional dengan desain kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Perhitungan dan kalkulasi biaya dilakukan melalui analisis biaya dengan metode Activity Based Costing (ABC). Unit analisis penelitian ini adalah UPF Konservasi RSGM FKG UA. Responden yang menjadi sasaran dari penelitian ini adalah seluruh petugas bagian Administrasi dan Keuangan RSGM FKG UA, seluruh pegawai di UPF Konservasi RSGM FKG UA pada tahun 2012. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni - Juli 2013. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode perhitungan ABC diketahui bahwa jumlah pelayanan terbanyak yang dilakukan di UPF Konservasi RSGM FKG UA pada produk pelayanan Tumpatan Komposit Sinar Kelas III/IV/VI sebanyak 373 pasien dengan besar biaya satuan Rp 57.282,00. Jumlah pelayanan paling sedikit terjadi pada produk pelayanan Pulpektomi Saluran Akar Ganda sebanyak 11 pasien dengan besar biaya satuan Rp 89.078,00. Dapat disimpulkan, bahwa optimalisasi CRR dapat dilakukan dengan (a) evaluasi perbandingan tarif pelayanan di UPF Konservasi RSGM FKG UA, (b) evaluasi jumlah layanan di UPF Konservasi RSGM FKG UA, (c) evaluasi efisiensi biaya di UPF Konservasi RSGM FKG UA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 184/13 Ain o
Uncontrolled Keywords: Conservation
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ163.26-163.5 Energy conservation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ARIFAH RIDHATUL AINI, 101111345UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul R, Dr. ., Dra.Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Nov 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 04:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item