ANALISIS KINERJA RUANG ANAK INSTALASI RAWAT INAP RSUD PAMEKASAN DENGAN BALANCED SCORECARD

MUHAMMAD ROFIQI, 100911232 (2013) ANALISIS KINERJA RUANG ANAK INSTALASI RAWAT INAP RSUD PAMEKASAN DENGAN BALANCED SCORECARD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RSUD Pamekasan merupakan Rumah Sakit yang dimiliki oleh pemerintah daerah Pamekasan. Data ruang anak instalasi rawat inap pada tahun 2010 hingga 2012 mempunyai nilai Bed Occupancy Rate yang paling rendah dibandingkan dengan ruang rawat inap yang lain dan tidak pernah mencapai standar. Oleh karena itu, penelitian ini membahas kinerja ruang Anak RSUD Pamekasan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Penelitian ini bersifat deskriptif observasional dengan menggukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Kuesioner perspektif pelanggan diberikan kepada keluarga pasien yang menunggu minimal 2 hari dengan besar sampel 100 orang dan petugas sebanyak 16 orang, serta dilakukan wawancara dan pengambilan data sekunder pada perspektif keuangan dengan responden kepala keuangan, sedangkan data sekunder dan wawancara untuk bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan ditujukan kepada kepala ruang anak. Variabel dalam penelitian ini berdasarkan pendekatan balanced scorecard yang terdiri atas Perspektif finansial berupa saldo kas, audit internal, dan monitoring dan evaluasi. Perspektif pelanggan terdiri atas kepuasan dan karakteristik pelanggan. Pada perspektif bisnis internal, yang diteliti adalah inovasi, protap, dan penilaian kinerja. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berupa pelatihan dan kepegawaian. Hasil skoring dan pembobotan menunjukkan bahwa perspektif keuangan memiliki nilai -0,275 termasuk kategori tidak baik, perspektif pelanggan +1,089 termasuk kategori baik, perspektif bisnis internal -2,000 merupakan kategori sangat tidak baik, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan -0,100 termasuk kategori tidak baik. Kesimpulan yang dapat diambil adalah hanya perspektif pelanggan yang bernilai positif diantara keempat perspektif lain. Saran dari penelitian adalah menerapkan pelayanan berfokus pelanggan dengan meningkatkan kinerja berdasarkan penerapan pelatihan, melakukan inovasi, kemudian melakukan sosialisasi Prosedur tetap sehingga penilaian kinerja dapat dilakukan, serta melakukan pencatatan pengeluaran sehingga laba dapat diketahui.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 211/13 Rof a
Uncontrolled Keywords: Pediatric Ward performance
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD ROFIQI, 100911232UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, Dr. , drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 00:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23252
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item