ANALISIS KESADARAN K3 KARYAWAN WORKSHOP TERHADAP MATERI TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN COGNITIVE LOAD THEORY (CLT) (DI PT. ALSTOM POWER ENERGY SYSTEM INDONESIA SURABAYA)

DINA ENDRASARI, 100911083 (2013) ANALISIS KESADARAN K3 KARYAWAN WORKSHOP TERHADAP MATERI TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN COGNITIVE LOAD THEORY (CLT) (DI PT. ALSTOM POWER ENERGY SYSTEM INDONESIA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 241-13 End a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karyawan yang bekerja di area workshop cukup berisiko terhadap terjadinya kecelakaan kerja. Risiko terjadinya kecelakaan kerja bisa diakibatkan dari tingkat partisipasi dalam mengikuti pelatihan, pemahaman K3 dan tingkat kesadaran karyawan terkait safety sign. Oleh karena itu, diperlukan upaya perlindungan kepada karyawan workshop berupa mempelajari pemahaman dan kesadaran karyawan agar pekerjaan yang berisiko tinggi terjadinya kecelakaan kerja dapat terhindarkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kesadaran karyawan terhadap materi training K3 dalam upaya mencegah kecelakaan kerja pada karyawan di PT. ALSTOM Power Energy System Indonesia Surabaya. Penelitian ini bersifat deskriptif, berdasarkan cara pengumpulan datanya termasuk penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah tenaga kerja di area workshop sebanyak 12 orang dengan cara purposive sampling. Variabel penelitian adalah karakteristik responden, training K3, pemahaman, kesadaran K3 dan komitmen. Pengambilan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui sebagian besar responden bukan umur produktif yaitu 44-60 tahun sebanyak 6 orang (50%) dengan masa kerja selama 15-20 tahun sebanyak 6 orang (50%), pemahaman materi training berdasarkan tingkat partisipasi untuk keseluruhan departemen adalah menengah (58,2%), sedangkan untuk tingkat komitmen keseluruhan departemen adalah sangat baik (89,3%). Hal ini menunjukkan pencapaian tingkat partisipasi masih belum mencapai target perusahaan yaitu sebesar 80%. Disarankan perusahaan mewajibkan tenaga kerja untuk ikut serta dalam segala pelatihan K3 demi meniminalkan kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 241/13 End a
Uncontrolled Keywords: HSE training
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DINA ENDRASARI, 100911083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMulyono, , S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 02:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23281
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item