ARIS WIRAWAN, 040510616 (2009) PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PERFORMANCE PRISM DAN PENGUKURAN KINERJA TAHUN 2008 PADA PT ARDENDI JAYA SENTOSA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-wirawanari-11665-b12009-k.pdf Download (309kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-wirawanari-10605-b12009.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini menguraikan hasil penelitian perancangan sistem pengukuran kinerja pada sebuah perusahaan pemasaran, PT Ardendi Jaya Sentosa, dengan model Performance Prism. Sistem pengukuran kinerja saat ini belum merepresentasikan kinerja PT Ardendi Jaya Sentosa secara komprehensif dan integratif. Oleh karena itu, perlu dilakukan perancangan kembali sistem pengukuran kinerjanya dengan model yang baru. Performance Prism adalah model yang sesuai dengan karakteristik PT Ardendi Jaya Sentosa. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu tahap penelitian awal, tahap perancangan sistem pengukuran kinerja, tahap pengukuran kinerja dan tahap penarikan kesimpulan. Perancangan sistem pengukuran kinerja yang baru ini menunjukkan konsumen, karyawan, dan investor sebagai stakeholder PT Ardendi Jaya Sentosa. Perancangan sistem pengukuran kinerja ini juga menghasilkan 9 KPI. KPI Konsumen terdiri dari jumlah komplain produk rusak, jumlah komplain atas pelayanan tidak memuaskan, Persentase pertumbuhan penjualan, dan Waktu respon rata-rata dalam penanganan komplain. KPI Tenaga Kerja terdiri dari Persentase kenaikan gaji dan insentif, dan Persentase kenaikan insentif perjalanan kerja. KPI Investor terdiri dari EVA, Persentase kenaikan ROI, Persentase peningkatan profit. Hasil pengukuran kinerja dengan proses scoring system menggunakan metode OMAX menunjukkan skor current performance, tahun 2008, yang telah dicapai oleh PT Ardendi Jaya Sentosa adalah sebesar 143,12% lebih besar dari kinerja tahun lalu. 4 KPI di level hijau adalah KPI 3, KPI 4, KPI 8 dan KPI 9. KPI-KPI ini hampir mencapai target dan berada di level 8 – 10. 4 KPI di level kuning adalah KPI 1, KPI 2, KPI 5 dan KPI 7. KPI-KPI ini mencapai kinerja sedikit diatas kinerja tahun lalu. Sedangkan 1 KPI berada di level merah yaitu KPI 6. KPI 6 berada jauh di bawah kinerja tahun lalu. KPI dispesifikasikan disini sehingga manajemen dapat menggunakannya sebagai pijakan dalam memutuskan kebijakan atau melakukan evaluasi perbaikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 120 / 09 Wir p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran Kinerja, Performance Prism, KPI. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dhani Karolyn Putri | ||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2010 12:00 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2016 01:43 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2337 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |