KADAR SISA CHLOR DAN KANDUNGAN BAKTERI E. COLI AIR PT. DREAM SUCSES AIRINDO (DSA) AMBON SEBELUM DAN SESUDAH PENGOLAHAN

Abdul Rahman Elly, NIM. 100531821 (2007) KADAR SISA CHLOR DAN KANDUNGAN BAKTERI E. COLI AIR PT. DREAM SUCSES AIRINDO (DSA) AMBON SEBELUM DAN SESUDAH PENGOLAHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-ellyabdulr-5463-fkm250-k.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-ellyabdulr-5463-fkm2507.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Air merupakan zat yang penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar 65% bagian dari tubuh kita terdiri dari air. Kekurangan air 5 % saja dapat mengakibatkan kematian. Ketersediaan air harus memenuhi persyaratan kesehatan yang telah di tetapkan baik fisik, kimia, bakteriologis maupun radioaktif serta memenuhi secara kualitas maupun kuantitas. Olehnya itu, pemerintah telah mengeluarkan peraturan mengenai standar kualitas air minum yakni Keputusan Menteri Kesehatan R. I. No. 907/ Menkes/ SK/ VIII 2002, karena air yang tidak memenuhi syarat dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kadar sisa chlor dan kandungan bakteri E.Coli yang ada dalam air hasil olahan PT DSA Ambon sebelum dan sesudah proses pengolahan Penelitian ini merupakan penelitian observasional, bila berdasarkan pendekatan waktunya merupakan penelitian cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan selama 8 hari dengan besar sampel sebanyak 32 sampel, baik sampel air sebelum dan sampel air sesudah pengolahan di PT. DSA Ambon. Hasil Penelitian kandungan bakteri E.Coli sebelum pengolahan adalah 922,56 dan sesudah pengolahan adalah 7,28/ 100 ml sampel air, se<font color="#FF0000">dangkan kadar sisa chlor sebelum adalah 0,000 dan sesudah pengolahan adalah 0,13. Hasil uji statistik yang digunakan adalah Uji t sampel berpasangan yaitu suatu uji statistik untuk mengetahui perbedaan antara kandungan bakteri E.Coli dan kadar sisa chlor sebelum dan sesudah pengolahan serta Uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara kandungan bakteri E.Coli dan kadar sisa chlor sesudah pengolahan. Dari hasil uji statistik diperoleh p = 0,000 dengan α = 0,05, pada kandungan bakteri E.Coli dan kadar sisa chlor terdapat perbedaan yang bermakna antara kandungan bakteri E.Coli dan kadar sisa chlor sebelum dan sesudah pengolahan. Ada hubungan antara kadar sisa chlor dan kandungan bakteri E.Coli sesudah pengolahan. Namun demikian, kualitas air hasil olahan PT DSA Ambon belum memenuhi persyaratan kualitas sesuai dengan standar kualitas air minum. Dari hasil penelitian disarankan bahwa pengelola PT DSA Ambon agar menambah pembubuhan koagulan dan filtrasi serta mengawasi jaringan perpipaan karena kandungan bakteri E.Coli masih tinggi, kepada masyarakat yang memanfaatkan air hasil olahan PT. DSA Ambon agar memasaknya terlebih dahulu. Mengingat air hasil olahan PT. DSA Ambon sangat tergantung pada kualitas air bakunya, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 25/07 Ell k
Uncontrolled Keywords: DRINKING WATER
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Abdul Rahman Elly, NIM. 100531821UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH.R. Soedibjo H.P., Prof. Dr., dr., D.TM.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 22 Nov 2007 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 16:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23385
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item