TANGGAP DARURAT TERHADAP BAHAYA KEBAKARAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) HAJI SURABAYA

Pradiklatsar Mada Hanafi, 100630243 (2009) TANGGAP DARURAT TERHADAP BAHAYA KEBAKARAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-hanafiprad-9780-fkm510-k.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-hanafiprad-8347-fkm510-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebakaran dapat terjadi kapan saja, dimana saja, yang datangnya tiba-¬tiba dan berdampak merugikan, baik bagi pengusaha, karyawan, masyarakat maupun lingkungan. Kebakaran dapat berubah menjadi bencana apabila tidak dilakukan penanganan secara cepat dan tepat. Oleh sebab itu, upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran berupa Rencana Tanggap Darurat Kebakaran perlu dilakukan di setiap tempat kerja. Tujuan umum penelitian ini adalah mempelajari tanggap darurat terhadap bahaya kebakaran di RSUD Haji Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan secara cross sectional dan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah semua karyawan di RSUD Haji Surabaya yang memenuhi kriteria penelitian dan jumlah sampel sebesar 47 responden. Variabel penelitian meliputi : kebijakan mengenai pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, prosedur tetap tanggap darurat kebakaran, pengetahuan tim tanggap darurat mengenai prosedur tanggap darurat kebakaran dan fasilitas tanggap darurat kebakaran meliputi : APAR, hidran, jalur masuk mobil PMK, pintu darurat dan tangga darurat. Metode pengumpulan data melalui kuisioner, observasi, wawancara dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, RSUD Haji Surabaya sudah menetapkan kebijakan tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran tetapi penerapannya masih belum maksimal, 89,4% responden mempunyai tingkat pengetahuan terhadap prosedur tetap penanggulangan kebakaran yang masih kurang, 63,2% tabung APAR keadaannya masih kurang baik, pengadaan hidran dan jalur masuk mobil PMK sudah cukup baik, 60% pintu darurat dalam keadaan cukup baik dan 66,7% tangga darurat keadaannya masih kurang baik. Saran penelitian adalah sosialisasikan kebijakan mengenai upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di RSUD Haji Surabaya kepada karyawan, khususnya anggota tim TDK secara berkala. Untuk kebijakan mengenai prosedur penanggulangan kebakaran dan Cara evakuasi akan lebih baik jika disosialisasikan juga kepada pengunjung RSUD Haji Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 FKM 51/08 Han t
Uncontrolled Keywords: FIRE; HOSPITALS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.5-645.9 Emergency medical services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Pradiklatsar Mada Hanafi, 100630243UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndriati Paskarini, SH., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 13 Jan 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23397
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item