PERBEDAAN JUMLAH MPN COLIFORM PADA PETIS IKAN KEMASAN DAN BUKAN KEMASAN YANG BEREDAR DI PASAR BARU KAMAL MADURA

Citra Hayati Cahyarani, 100210942 I (2006) PERBEDAAN JUMLAH MPN COLIFORM PADA PETIS IKAN KEMASAN DAN BUKAN KEMASAN YANG BEREDAR DI PASAR BARU KAMAL MADURA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-cahyaranic-1355-fkm06-k.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-cahyaranic-1355-fkm0606.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Petis ikan adalah salah satu makanan tradisional. Makanan ini termasuk bahan pangan yang memberi rasa dan aroma pada makanan atau bahan pangan yang digunakan karena rasanya khas. Selain rasanya yang khas petis juga mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Suatu yang perlu mendapat perhatian utama adalah kualitas bakteriologis untuk konsumsi masyarakat, karena apabila kadar bakteriologis melebihi standar yang telah ditentukan akan berbahaya bagi kesehatan. Beberapa kesalahan penjual dalam menjajakan petis kepada konsumen akan mempengaruhi jumlah bakteriologis dalam petis. Salah satu bakteri yang diteliti adalah MPN Coliform. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari perbedaan jumlah MPN Coliform pada petis ikan kemasan dan bukan kemasan yang terdapat di pasar Baru Kamal Madura. Diharapkan dengan diketahuinya jumlah MPN Coliform dalam petis ikan kemasan dan bukan kemasan dapat dijadikan masukan bagi peningkatan kualitas petis ikan. Penelitian ini menggunakan rancang bagun penelitian observasional dan menurut waktunya adalah penelitian crossectional. Besar sampel penelitian sebanyak 30 sampel yaitu 15 petis ikan kemasan dan 15 petis ikan bukan kemasan yang diambil selama tiga hari. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji Chi Square menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan jumlah MPN Coliform pada petis ikan kemasan dan tidak kemasan. Menurut standart dari Balai POM Depkes Surabaya jumlah MPN Coliform dalam petis ikan harus negatif tapi dalam petis ikan kemasan dan bukan kemasan terdapat MPN Coliform, sehingga petis ikan tidak memenuhi standart Balai POM Depkes Surabaya dan masih belum layak untuk dikonsumsi sebelum dimasak terlebih dahulu. Disarankan untuk memasak petis ikan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi dan digunakan dalam makanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 06/06 Cah p
Uncontrolled Keywords: COLIIFORMES-MICROBIOLOGY
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Citra Hayati Cahyarani, 100210942 IUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr.Ririh Yudhastuti, drh., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 29 Jun 2006 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 19:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23452
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item