GAMBARAN BENTUK TINDAKAN TERHADAP KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH (Pada Perajin Tas Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo)

Na'im Nyurussahri, 100010779 (2006) GAMBARAN BENTUK TINDAKAN TERHADAP KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH (Pada Perajin Tas Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-nyurussahr-1398-fkm.04_-t.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
gdlhub-gdl-s1-2006-nyurussahr-1398-fkm.04_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keluhan nyeri punggung bawah (NPB) merupakan suatu bentuk gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan. Sayangnya kebanyakan orang kurang memahami keluhan NPB secara utuh dan cenderung hanya melakukan bentuk tindakan yang bersifat kuratif. Dalam usaha mengangkat permasalahan keluhan nyeri punggung bawah (NPB) yang dialami oleh perajin tas di RT 01 – RT 04 Desa Kedensari, adalah penting untuk mendapatkan gambaran tentang kejadian keluhan NPB, absenteisme, persepsi terhadap keluhan NPB, dan bentuk tindakan terhadap keluhan NPB. Penelitian ini merupakan penelitian deskripif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah perajin tas RT 01 – RT 04 Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini juga merupakan jenis penelitian total populasi, yaitu sebanyak 38 responden. Gambaran NPB mencerminkan besarnya masalah keluhan NPB pada responden. Sejumlah 25 responden pernah mengalami keluhan NPB (65,8 persen). Gambaran absenteisme mencerminkan sejauh mana dampak keluhan NPB pada responden. Sejumlah 24 responden tidak melakukan absenteisme (96 persen). Gambaran persepsi NPB mencerminkan perihal apa saja yang mungkin berhubungan dengan kepedulian terhadap keluhan NPB. Sejumlah 24 responden tidak berusaha memperoleh informasi tentang keluhan NPB (36,8 persen) dan sejumlah 36 responden tidak pernah memperoleh penyuluhan kesehatan kerja (94,7 persen). Gambaran penanganan NPB mencerminkan bagaimana responden merespon keluhan NPB. Sejumlah 10 responden menggunakan obat tradisional (40 persen) dan sejumlah 9 responden yakin keluhan NPB akan mereda dengan sendirinya (36 persen). Memperhatikan hasil yang diperoleh, maka disarankan untuk lebih memperhatikan faktor risiko yang berhubungan dengan pekerjaan dan faktor risiko yang berhubungan dengan individu (pekerja).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.04/06 Nyu g
Uncontrolled Keywords: BACKACHE
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Na'im Nyurussahri, 100010779UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dr. H. Tjipto Suwandi, dr., M. OH., Sp. OKUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 07 Jul 2006 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23453
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item