LEVI TINASARI, 100431531
(2006)
PERILAKU KELUARGA DALAM PENANGANAN TERAPIS ANAK DENGAN GANGGUAN AUTISME DI SEKOLAH KHUSUS RIVER KIDS MALANG.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Prevalensi autisma dari tahun ke tahun meningkat, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Oleh karena itu, peran keluarga sangatlah penting, maka keluarga khususnya orang tua diharapkan mampu memantau dan menangani anak dengan gangguan autis. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan perilaku orang tua dalam menangani anak dengan gangguan autis.
Jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak dengan gangguan autisma. Responden berjumlah 10 orang, pengambilan sampel menggunakan non random sampling dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kemudian dianalisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa behavioral belief responden baik karena responden meyakini bahwa anak autis dapat berkembang, dapat meraih gelar sarjana dan tidak malu serta menyalahkan diri sendiri mempunyai anak dengan gangguan autis. kemudian peer group dapat memberikan perasaan tenang dan memberikan semangat baru bagi responden serta memperoleh banyak informasi. Responden mempunyai sikap kasih sayang dan penuh perhatian kepada anaknya. Responden berniat segera menyekolahkan anak mereka dan melanjutkan terapi dirumah. Responden melakukan terapi out door dan mengikuti seminar serta memberi reward dan tetap menyekolahkan jika ada kemajuan dari anak autis.
Saran yang dapat diberikan adalah orang tua diharapkan selalu konsisten dalam melaksanakan terapi, diadakannya support group atau mental group, sosialisasi autisme di kalangan masyarakat, autisma harus mendapatka perhatian dari pemerintah sehingga tersedia sarana terapi yang terjangkau masyarakat yang kurang mampu.
Actions (login required)
|
View Item |