PENINGKATKAN HUNIAN RAWAT INAP DI RSIS JEMURSARI MELALUI ANALISIS PERILAKU PELANGGAN : Survei di Rawat Inap Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari

IMAM KUSWANTO, 100210943 (2006) PENINGKATKAN HUNIAN RAWAT INAP DI RSIS JEMURSARI MELALUI ANALISIS PERILAKU PELANGGAN : Survei di Rawat Inap Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-kuswantoim-4967-fkm080-t.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-kuswantoim-4967-fkm0807.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kinerja rumah sakit yang paling baik dan feasible neraca cost benefitnya apabila memperoleh nilai BOR antara 70-85%. Sejak berdiri pada tahun 2002, peningkatan nilai BOR RSIS Jemursari hanya bisa mencapai sebesar 31,04% pada tahun 2005. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perilaku pelanggan untuk menyusun rekomendasi dalam upaya meningkatkan hunian rawat inap di RSI Jemursari. Ini adalah suatu cross sectional dengan pendekatan survei analitik. Wawancara telah diselenggarakan pada 69 pasien yang sedang menjalani rawat inap di RSIS Jemursari. Sample telah terpilih dengan menggunakan sampling kuota. Data dianalisis dengan menggunakan cross tabulation dan matrik posisi. Rekomendasi yang dapat disusun dari analisis perilaku pelanggan dalam meningkatkan hunian rawat inap di RSIS Jemursari adalah sebagai berikut; menumbuhkan dan mengembangkan kerjasama dengan instansi perusahaan, memprioritaskan kelas I dan kelas II sebagai target promosi, menyediakan pelayanan jemput bola, mengkomunikasikan keunggulan pelayanan RSI Jemursari pada masyarakat luas dengan mengembangkan akses informasi pelayanan melalui call center dan homepage, menampakkan gedung RSIS Jemursari pada pengguna jalan dan memasang reklame secara efektif, menyebarkan brosur pada tempat praktik dokter, menumbuhkan loyalitas pelanggan yang bertujuan untuk menciptakan komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth), mengembangkan kemitraan dengan dokter spesialis sebagai agen pemasaran serta meningkatkan komitmen dokter spesialis, mengingatkan kepada dokter spesialis untuk memberikan informasi kepada pasien secara jelas dan singkat, menambah personil perawat pada perawatan kelas II dan memberikan pelatihan dan supervisi kepada perawat secara berkesinambungan, meningkatkan kompetensi petugas pemberi informasi, merenovasi desain interior kamar mandi dan menambah personil cleaning service pada perawatan kelas I dan kelas II dan memperbaiki sistem ventilasi di perawatan kelas III dan yang terakhir yakni mempertahankan tarif dengan menyertai peningkatan kualitas pelayanan. Saran bagi pihak manajemen RSI Jemursari yakni diharapkan mampu memperhatikan motivasi dokter dengan memenuhi kebutuhannya dan melibatkan dalam membuat keputusan tanpa mengurangi otonomi pimpinan dan selain itu aktivitas dokter juga perlu dimonitoring dengan tegas walaupun biasanya dokter cenderung otonom

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.08/07 Kus p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; HOSPITAL PATIENTS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
IMAM KUSWANTO, 100210943UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dr. Stefanus Supriyanto, dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 19 Jun 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 21:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23491
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item