WAHYUNI ASTUTI, 100431342
(2006)
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN HARAPAN PASIEN DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN RAWAT INAP PUSKESMAS (Studi di Rawat Inap Puskesmas Sentolo I Kabupaten Kulon Progo).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) mempunyai peran besar dalam upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan yang diberikan harus dapat memenuhi harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Produk jasa pelayanan kesehatan berkaitan erat antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien selama menjalani perawatan. Kepuasan pasien akan pelayanan kesehatan dapat terpenuhi jika Puskesmas mau memahami harapan pasien.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan dan harapan pasien terhadap kualitas produk, proses pelayanan dan pelayanan pasca perawatan dalam upaya peningkatan pemanfaatan rawat inap di Puskesmas Sentolo I.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang bersifat deskriptif. Sampel dalam penelitian adalah pasien yang kontrol setelah menjalani rawat inap di Puskesmas Sentolo I sejumlah 70 responden selama Bulan Juni 2006 yang diambil secara purposive sampling untuk memperoleh data kepuasan dan harapan terhadap kualitas pelayanan yang meliputi produk, proses pelayanan dan pelayanan pasca perawatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan responden puas terhadap kualitas produk, proses pelayanan dan pelayanan pasca perawatan. Harapan responden terhadap kualitas produk, proses pelayanan dan pelayanan pasca perawatan diidentifikasi untuk dicarikan upaya pemenuhannya. Upaya yang dapat dilakukan Puskesmas untuk meningkatkan pemanfaatan pelayanan rawat inap adalah peningkatan kebersihan, pemeliharaan sarana, pemberian penjelasan tindakan oleh petugas, penataan job description petugas, pendidikan dan pelatihan petugas serta pengadaan blangko penjelasan sebelum pasien pulang.
Actions (login required)
|
View Item |