UPAYA PENINGKATAN HUNIAN RAWAT INAP BERDASARKAN PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN PADA UNSUR PEMASARAN 7P : STUDI DI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA JEMURSARI

Hadi Sucipto, 100311220 (2007) UPAYA PENINGKATAN HUNIAN RAWAT INAP BERDASARKAN PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN PADA UNSUR PEMASARAN 7P : STUDI DI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA JEMURSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-suciptohad-7205-fkm850-k.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-suciptohad-7201-fkm850-u.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

BOR (Bed Occupancy Rate) RSIS Jemursari masih berada dibawah target ideal (65-85%) karena rata-rata BOR RSIS Jemursari tahun 2003-2006 hanya 31,61 %. Penelitian ini bertujuan menghasilkan rekomendasi untuk meningkatkan human rawat inap berdasarkan penilaian dan harapan pasien rawat inap pada bauran pemasaran 7 P. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan deskriptif dengan metode survei. Wawancara dilakukan pada 68 responden rawat inap. Responden diambil dari populasi dengan cara stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas perawatan I, kondisi yang masih menjadi masalah dan perlu mendapatkan perhatian dari pihak RSIS adalah pelayanan perawat, fee dokter dan tarif ruang perawatan, tidak tersedianya ATM, dan promosi rumah sakit yang belum optimal. Di kelas perawatan II yang masih menjadi masalah adalah menu makan pasien yang kurang variatif, waktu tunggu pelayanan apotek lama, promosi rumah sakit dan empati dokter dan perawat. Dan di kelas perwatan III adalah menu makan pasien, promosi rumah sakit yang belum optimal, ketrampilan perawat, dan kurang memadainya menu dan fasilitas kantin. Rekomendasi yang dihasilkan sebagai berikut, 1) product : pelatihan ketrampilan keperawatan, peningkatan pengetahuan dan ketrampilan apoteker dan asisten apoteker, menambah variasi menu pasien, 2) price : mempertahankan tarif yang sudah ada, 3) place : memberikan kemudahan customer untuk memperoleh layanan transportasi yaitu dengan menyediakan layanan jemputan atau antar, 4) promotion : menampilkan profit RSIS Jemursari melalui web atau homepage, membuat media reklame yang di tempatkan di tempat strategis dan melakukan penetrasi pasar sasaran dengan cara meningkatkan atau menambah kerja lama dengan instansi sasaran pelayanan, menjalin keberlangsungan hubungan dengan customer dengan menerapkan atau membentuk Customer Relationship Marketing (CRM), 5) people : membuat dokter umum dan spesialis serta perawat di RSIS Jemursari memiliki komitmen yang lebih untuk memberikan pelayanan yang bermutu bagi pasien, misal dengan sistem gain sharing, 6) process : memberikan pemahaman yang lebih kepada dokter dan perawat terkait pentingnya komunikasi terapeutik 7) physical evidence : renovasi gedung dan ruang perawatan, mengupayakan tersedianya fasilitas ATM, mengupayakan tersedianya fasilitas kantin yang memadai jumlah, variasi menu dan jam buka, komputerisasi informasi di bagianfront office.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 85/07 Suc u
Uncontrolled Keywords: HOSPITALS - MANAGEMENT
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Hadi Sucipto, 100311220UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dr. S. Supriyanto, dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 03 Jun 2008 12:00
Last Modified: 03 Jul 2017 19:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23614
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item