Riyas Ayu Ismayanti, 100311103
(2007)
STUDI PEMANFAATAN RUMAH SAKIT UMUM Dr. SOEDONO MADIUN BERDASARKAN PERSEPSI MASYRAKAT TERHADAP BRAND EQUITY RUMAH SAKIT.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian mengenai brand suatu produk, dalam hal ini rumah sakit di lakukan untuk mengetahui sejauh mana masyarakat yang tersebar dalam daerah jangkauan efektif RSU Dr.Soedono Madiun mengetahui keberadaan RSU Dr.Soedono Madiun. Hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa ada beberapa BOR ruang rawat inap rumah sakit belum mencapai standar dari Depkes, di lain pihak BOR ruang rawat inap yang lain telah melebihi standar yang ditetapkan rumah sakit. Hal tersebut membuktikan bahwa pemanfaatan rumah sakit terutama rawat inap belum merata.
Penelitian ini termasuk penelitian observasional dan jika ditinjau dari waktu pelaksanaan penelitian termasuk penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal dalam radius 3 km dari rumah sakit dan sampel ditentukan berdasarkan responden yang dianggap mengambil keputusan dalam rumah tangga tersebut. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan rumus populasi finit.
Hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskriptif . Hasilnya menunjukkan sebagian besar Brand Awareness responden adalah termasuk dalam golongan top of mine, yang terbagi untuk responden yang sudah pernah menggunakan dan responden yang tidak pernah menggunakan pelayanan di RS tersebut. Sedangkan perceived quality yang dirasakan menurut persepsi responden yang menggunakan dan yang tidak menggunakan adalah sebagian besar menilai baik. Dan pada brand association ditemukan 7 asosiasi yang membentuk rumah sakit. Pada brand loyalty dapat diketahui dari responden yang telah menggunakan pelayanan. Hasilnya adalah tidak ada responden yang benar-benar commited terhadap pelayanan RSU Dr.Soedono, karena hanya 1 responden yang mengaku menggunakan rumah sakit bukan karena harga yang murah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ternyata loyalitas responden terhadap rumah sakit tergolong rendah. Tetapi awareness dan perceived quality terhadap adanya rumah sakit tersebut adalah baik. Oleh karena itu, sebaiknya, rumah sakit selalu waspada dengan perkembangan dari rumah sakit dan masyarakat. Contohnya, apabila suatu scat terjadi perubahan harga, maka ada kemungkinan besar masyarakat menggunakan pelayanan di rumah sakit lain.
Actions (login required)
|
View Item |