PERBEDAAN DENYUT NADI DAN SUHU TUBUH SEBELUM DAN SESUDAH TERPAPAR PANAS (Studi di Sentra Industri Manik-Manik Kaca Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang)

MISBAKHUL KHAFIDZ, 100810028 (2012) PERBEDAAN DENYUT NADI DAN SUHU TUBUH SEBELUM DAN SESUDAH TERPAPAR PANAS (Studi di Sentra Industri Manik-Manik Kaca Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-khafidzmis-21057-6.abstr-k.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu lingkungan kerja yang mempunyai iklim kerja panas adalah pembuatan produk kaca. Penyebab terjadinya heat strain adalah lingkungan kerja yang panas dengan ciri yaitu, perubahan denyut nadi dan suhu tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari perbedaan denyut nadi dan suhu tubuh sebelum dan sesudah terpapar panas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan rancangan Crossectional. Sampel penelitian adalah tenaga kerja bagian peleburan dan pencetakan pada tiga home industry di Sentra Industri Manik-Manik Kaca Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang tahun 2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah sampel sebanyak 27 orang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-T sampel berpasangan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa seluruh tenaga kerja bagian peleburan dan pencetakan pada tiga home industry di Sentra Industri Manik-Manik Kaca Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang tahun 2012 mengalami heat strain. Uji-T sampel berpasangan menunjukkan ada perbedaan antara denyut nadi sebelum dan sesudah bekerja (p=0,000 ; p<α), ada perbedaan suhu tubuh sebelum dan sesudah bekerja (p=0,000 ; p<α). Dapat disimpulkan bahwa bekerja 8 jam perhari dengan waktu istirahat 50% dari jam kerja, beban kerja fisik tergolong sedang, dan ISBB antara 29,30C-30,10C dapat mengurangi risiko terjadinya heat strain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 116 / 12 Kha p
Uncontrolled Keywords: INDIVIDUAL CHARACTERISTIC; BODY TEMPERATURE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MISBAKHUL KHAFIDZ, 100810028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjipto S., Prof., Dr., dr., M.OH., Sp.Ok.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2012 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 02:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23649
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item