FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS DAHAK PADA SUSPECT TB PARU (Studi di BP4 Surabaya / Rumah Sakit Paru Surabaya)

Rachmadina Dzikria Ashfahany, 100810114 (2012) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS DAHAK PADA SUSPECT TB PARU (Studi di BP4 Surabaya / Rumah Sakit Paru Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-ashfahanyr-21101-6.abstr-k.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemeriksaan mikroskopis dahak merupakan salah satu komponen penting dalam startegi DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse) pada program penanggulangan penyakit tuberkulosis paru. Banyak faktor yang mempengaruhi sulitnya melaksanakan pemeriksaah dahak pada penderita suspect tuberkulosis paru salah satunya yaitu kualitas dahak yang tidak memenuhi syarat, karena bukan sputum yang dihasilkan tetapi banyak sekali hanya ludah yang dihasilkan penderita TB. Penelitian ini bertujuan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas dahak pada penderita suspect TB paru. Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang dilakukan di Rumah Sakit Paru Surabaya. Populasi penelitian ini adalah seluruh penderita tuberkulosis paru yang baru pertama kali periksa dahak di Rumah Sakit Paru Surabaya Tahun 2012.Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Total sampel yang diambil adalah sebanyak 50 penderita suspect tuberkulosis paru. Hasil Penelitian dengan menggunakan uji regresi logistik menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas dahak adalah umur (sig=0,002), pendidikan (sig=0,006), pengetahuan (sig=0,008), hasil BTA (sig=0,001). Sedangkan jenis kelamin (sig=0,936), dan keterampilan mengeluarkan dahak (sig=0,379) tidak ada pengaruh terhadap kualitas dahak. Petugas Laboratorium dalam melakukan pemeriksaan dahak sebaiknya melaksanakan pemeriksaan dahak sesuai dengan protap mulai dari memberikan penyuluhan sampai mengumpulkan dahak, agar penderita suspect mampu mengeluarkan dahak yang berkualitas dan memenuhi syarat dan petugas lebih mudah memeriksa untuk mendapatkan baksil hasil BTA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 126 / 12 Ash f
Uncontrolled Keywords: TUBERCULOSIS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Rachmadina Dzikria Ashfahany, 100810114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChatarina U.W., Prof., Dr., dr., M.S., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2012 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 03:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23663
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item