KORELASI ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PADA PRAJURIT TNI AD TENTANG HIV DAN AIDS (Study di Yonif 500 Raider Kodam V Brawijaya Surabaya)

Ayu Anugra Adnyani, 100810306 (2012) KORELASI ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PADA PRAJURIT TNI AD TENTANG HIV DAN AIDS (Study di Yonif 500 Raider Kodam V Brawijaya Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah HIV dan AIDS berkembang cukup pesat. Kelompok berisiko seperti kelompok yang memiliki mobilitas tinggi misalnya prajurit TNI juga menjadi salah satu kelompok yang rentan tertular penyakit HIV dan AIDS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan, sikap dan tindakan prajurit TNI tentang HIV dan AIDS. Merupakan penelitian analitik dan termasuk penelitian cross sectional dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan simple random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Penelitian ini dilaksanankan di Yonif 500/Raider Kodam V Brawijaya. Populasi penelitian adalah prajurit TNI AD dengan rentang usia produktif (20-40 tahun) yang pernah bertugas minimal keluar pulau dalam rentang minimal 1 tahun. Jumlah sampel sebanyak 80 orang responden. Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah karakteristik responden (usia, pendidikan, status perkawinan, masa kerja, lama mobilitas penugasan), pengetahuan, sikap dan tindakan prajurit TNI AD tentang HIV dan AIDS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden dengan golongan umur 25-30 tahun (51,3%). Sebagian besar responden tamat SMA (93,8 %). Masa kerja responden paling banyak pada kelompok >5 tahun (88,8 %). Status perkawinan paling dominan adalah sudah menikah (72,5 %). Lama mobilitas penugasan paling dominan adalah dalam rentang waktu 1-2 tahun (97,5 %). Sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan dan sikap dalam kategori cukup. Sebagian besar responden memiliki tindakan dalam kategori baik. Tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap responden (p=0,778), tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan tindakan responden (p=0,188), tidak ada hubungan antara sikap dan tindakan responden (p=0,776). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan denga sikap, antara pengetahuan dengan tindakan, dan antara sikap dengan tindakan. Disarankan kepada Kesatuan Yonif 500/Raider untuk mengadakan tes VCT secara rutin setiap 3 bulan sekali untuk mengindentifikasi penyebaran penyakit HIV dan AIDS, meningkatkan kualitas maupun kuantitas penyuluhan informasi tentang HIV dan AIDS agar prajurit TNI AD paham dengan benar informasi tentang HIV dan AIDS, pengadaan kondom sebagai upaya preventif di instansi pelayanan kesehatan Raider agar prajurit dapat dengan mudah mengakses kondom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 65 - 12 Adn k
Uncontrolled Keywords: HIV; AIDS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Ayu Anugra Adnyani, 100810306UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrijono Satyabakti,, dr., M.S., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Nov 2012 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 09:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23729
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item