ANALISIS PENILAIAN DAN KEPUASAN PASIEN PADA KUALITAS JASA PELAYANAN KIA HAMIL MENURUT MODEL BRADY AND CRONIN (Studi Di Poli KIA Hamil Pagi Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya)

Lydia Pramitaniandari, 100810379 (2012) ANALISIS PENILAIAN DAN KEPUASAN PASIEN PADA KUALITAS JASA PELAYANAN KIA HAMIL MENURUT MODEL BRADY AND CRONIN (Studi Di Poli KIA Hamil Pagi Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penilaian kualitas pelayanan kesehatan di Poli KIA Hamil sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pasien. Berdasarkan data kunjungan Rawat Jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah selama tahun 2009-2011 diketahui bahwa terjadi penurunan kunjungan dan tidak tercapainya target kunjungan pasien sesuai dengan target yang ditetapkan oleh rumah sakit. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan menurut “Model Brady And Cronin” dengan tingkat kepuasan pelanggan (pasien). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah 70 responden yang melakukan kunjungan minimal 2 kali. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Beberapa variabel dalam penelitian ini adalah karakteristik pasien (umur, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan dan pendapatan keluarga), jumlah petugas, sarana prasarana, prosedur alur pelayanan, kualitas interaksi (keahlian dan perilaku), kualitas lingkungan fisik (ambient condition, desain fasilitas dan faktor sosial) dan kualitas hasil (waktu tunggu dan valensi/hasil kerja) dan kepuasan pasien. Hasil penelitian menunujukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di posisi cukup baik dan analisis menggunakan jendela pelanggan, variabel yang berada di Kuadran I (prosedur alur pelayanan), Kuadran II (kebersihan ruang periksa, keterampilan bidan periksa tekanan darah, rahim dan pemberian suntikan TT lengkap, keramahan bidan, suasana tenang dan nyaman, kerapian ruangan, kepadatan pasien, waktu tunggu loket dan pengalaman pasien), Kuadran III (suasana yang tidak bising) dan Kuadran IV (kebersihan ruang tunggu, perhatian dan kecepatan bidan, waktu tunggu di pelayanan poli dan kesan pasien). Saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Poli KIA Hamil Rumah sakit Muhammadiyah Surabaya, antara lain yaitu tambahan petugas medis dan adanya sevice excellence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 86 - 12 Pra a
Uncontrolled Keywords: PATIENT SATISFACTION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Lydia Pramitaniandari, 100810379UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus Supriyanto,, Prof. Dr. dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 30 Nov 2012 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 09:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23740
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item