OPTIMALISASI PROSES KOORDINASI PROGRAM KESELAMATAN PASIEN (PATIENT SAFETY) DI RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA

LUKMAN HAKIM, 101011037 (2014) OPTIMALISASI PROSES KOORDINASI PROGRAM KESELAMATAN PASIEN (PATIENT SAFETY) DI RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-hakimlukma-33532-7.abstr-k.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
LUKMAN HAKIM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem pemberian tindakan dalam pelayanan kesehatan yang tidak mementingkan keselamatan pasien dapat menyebabkan Kejadian Tidak Diharapkan (KTD) dan berdampak cedera kepada pasien, perpanjangan waktu perawatan serta peningkatan biaya perawatan. Koordinasi antarunit kerja yang terjalin dengan baik dapat memberikan pelayanan kesehatan yang aman bagi pasien. Penelitian ini menggambarkan proses koordinasi antarunit kerja dalam implementasi program Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KPRS) di RSU Haji Surabaya. Penelitian dilaksanakan di RSU Haji Surabaya dengan rancangan penelitian deskriptif cross sectional terhadap 44 responden yang mewakili unit kerja terkait program KPRS. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden untuk mengetahui tingkat pengetahuan responden tentang koordinasi, tipe ketergantungan dan mekanisme koordinasi antarunit kerja, proses komunikasi, integrasi, sinkronisasi, simplifikasi dan identifikasi permasalahan dalam pelaksanaan koordinasi terkait program KPRS. Pengolahan data dan informasi menghasilkan isu strategis yang digunakan sebagai landasan dalam upaya penyusunan rekomendasi dalam optimalisasi proses koordinasi program KPRS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan koordinasi dalam kategori sedang, tipe ketergantungan antarunit kerja terbanyak adalah tipe pooled interdependence, mekanisme koordinasi mayoritas antarunit kerja adalah standardization, sedangkan proses komunikasi, integrasi, sinkronisasi, dan simplifikasi antarunit kerja sebagian besar tergolong dalam katefori kurang baik, dan identifikasi perbedaan antarunit kerja termasuk dalam kategori relatif sama. Terdapat sejumlah rekomendasi yang disusun berdasarkan hasil temuan penelitian. Upaya optimalisasi yang dapat diterapkan dalam implementasi program KPRS di RSU Haji Surabaya adalah pemetaan tipe ketergantungan dan mekanisme koordinasi antarunit kerja, penyusunan Standar Prosedur Operasional (SPO) pada setiap program KPRS, pemberian wewenang lebih kepada beberapa petugas frontliner untuk mengambil keputusan, penegakan penilaian kinerja dan mekanisme pemberian reward, serta penyederhanaan alur koordinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 144-14 Hak o
Uncontrolled Keywords: PATIENT SAFETY
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3661-3674 Public safety
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
LUKMAN HAKIM, 101011037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidodo J. P., dr., M.S., M.PH., Dr.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Oct 2014 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 08:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23832
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item