HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN IBU BALITA DENGAN KEJADIAN DEHIDRASI DIARE PADA BALITA (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Kalijudan Kota Surabaya)

MEIVI YUSINTA CHRISTY, 101011255 (2014) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN IBU BALITA DENGAN KEJADIAN DEHIDRASI DIARE PADA BALITA (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Kalijudan Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-christymei-33533-7.abstr-k.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MEIVI YUSINTA CHRISTY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu masalah kesehatan balita di Indonesia yang masih sering terjadi adalah diare. Diare merupakan penyakit yang berisiko untuk menyebabkan kematian. Penyebab utama kematian diare adalah dehidrasi akibat kehilangan cairan dan elektrolit melalui feses. Berdasarkan laporan bulanan diare Puskesmas Kalijudan tahun 2013 ditemukan adanya balita dengan usia 1-4 tahun yang menderita dehidrasi akibat diare. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakteristik dan pengetahuan ibu balita dengan kejadian dehidrasi diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Kalijudan Kota Surabaya. Penelitian ini termasuk observasional analitik dengan desain case control. Subjek penelitian ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling. Besar sampel yang diperoleh sebanyak 30 kelompok kasus dan 30 kelompok kontrol. Variabel bebas penelitian adalah karakteristik ibu balita (meliputi umur, pendidikan, status bekerja, pendapatan keluarga) dan pengetahuan ibu balita. Pengumpulan data primer dilakukan menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji statistik Chi Square. Hasil analisis bivariat diketahui bahwa variabel yang berhubungan dengan kejadian dehidrasi diare pada balita adalah status bekerja ibu balita (p=0,010), dan pengetahuan ibu balita (p=0,002). Tidak ada hubungan umur ibu balita (p=0,779), pendidikan ibu balita (p=0,797), dan pendapatan keluarga (p=0,430). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah status bekerja dan pengetahuan ibu balita secara signifikan berhubungan dengan kejadian dehidrasi diare pada balita. Diperlukan adanya pendidikan atau promosi kesehatan bagi ibu balita tentang tatalaksana diare yang benar dengan tujuh intervensi pencegahan diare.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 145-14 Chr h
Uncontrolled Keywords: DIARRHEAL DEHYDRATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MEIVI YUSINTA CHRISTY, 101011255UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArief Hargono, drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Oct 2014 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 09:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23833
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item