PENGARUH FAKTOR RISIKO IBU DAN JANIN TERHADAP PERSALINAN SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA

NAJWATUL UMADAH, 101211123142 (2014) PENGARUH FAKTOR RISIKO IBU DAN JANIN TERHADAP PERSALINAN SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-umadahnajw-33583-7.abstr-k.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
NAJWATUL UMADAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kematian maternal merupakan akibat meningkatnya komplikasi selama kehamilan, persalinan, dan setelah melahirkan, tetapi dengan kemajuan teknologi dibidang kedokteran, persalinan ibu yang mengalami komplikasi dapat di bantu dengan sectio caesarea. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh faktor risiko ibu dan janin terhadap persalinan sectio caesarea di RSI Jemursari Surabaya. Penelitian yang dilakukan menggunakan data sekunder dari data rekam medis. Populasi seluruh ibu bersalin dengan jumlah sampel 138 Ibu bersalin. Variabel Independent meliputi usia, paritas, jarak kelahiran, pendidikan, pekerjaan frekuensi ANC, KPP (ketuban pecah premature), riwayat bekas sectio caesarea, presentasi janin, dan letak plasenta. Variabel dependent adalah persalinan sectio caesarea. Uji statistik yang digunakan adalah Regresi Logistik Ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh faktor risiko ibu terhadap persalinan sectio caesarea. Hasil uji regresi logistik meliputi usia (p = 0,046), usia terlalu muda dan terlalu tua lebih berisiko mengalami SC. Paritas (p = 0,036), jarak kelahiran (p = 0,005), kelahiran pertama, terlalu dekat, dan terlalu jauh lebih berisiko mengalami SC. Riwayat bekas sectio caesarea (p = 0,027), ibu dengan riwayat bekas sectio caesarea lebih berisiko mengalami SC. KPP (p = 0,019), ibu yang mengalami KPP lebih berisiko mengalami SC. Variabel pendidikan, pekerjaan, frekuensi ANC dan faktor janin tidak ada pengaruh terhadap persalinan sectio caesarea. Kesimpulan penelitian adalah faktor risiko ibu dapat mempengaruhi persalinan sectio caesarea, sehingga perlu mempersiapkan fisik calon ibu dengan sehat dan aman agar dapat menjalani proses persalinan dengan normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 169-14 Uma p
Uncontrolled Keywords: CAESAREAN SECTION; MATERNAL
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NAJWATUL UMADAH, 101211123142UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArief Wibowo, Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Oct 2014 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item