EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA TANGGAP DARURAT PADA TANGKI PHTHALIC ANHYDRIDE (PA) BERDASARKAN INTERNATIONAL SAFETY RATING SYSTEM (ISRS) (Studi di PT. Petrowidada Gresik)

FURI NIHAYATUS SHOLIHAH, 101011263 (2014) EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA TANGGAP DARURAT PADA TANGKI PHTHALIC ANHYDRIDE (PA) BERDASARKAN INTERNATIONAL SAFETY RATING SYSTEM (ISRS) (Studi di PT. Petrowidada Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sholihahfu-33620-6.abstr-k.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FURI NIHAYATUS SHOLIHAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Petrowidada Gesik merupakan salah satu industri petrokimia yang memproduksi Phthalic Anhydride terbesar di asia. Kegiatan produksinya terdapat potensi bahaya yang dapat menyebabkan keadaan darurat dan kecelakaan kerja. Salah satu upaya proaktif perusahaan dalam mencegah terjadinya kerugian akibat keadaan darurat dan kecelakaan kerja adalah dengan melakukan rencana tanggap darurat.Penelitianini bertujuan untuk mengevaluasi rencana tanggap daruratpada tangki Phthalic AnhydrideberdasarkanInternational Safety Rating Systems(ISRS) di PT. Petrowidada Gresik. Penelitian ini bersifat deskriptif observatif dengan rancang bangun cross sectional. Observasi dilakukan untuk dokumen rencana tanggap darurat dan interview responden menggunakan kuesioner berdasarkan ISRS. Populasi penelitian adalah semua pekerja yang bertanggung jawab pada pelaksanaan rencana tanggap yaitu 22 pekerja. Sampel penelitian adalah 6 pekerjadengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan tingkat pemenuhan proses penilaian keadaan darurat 95,2%, proses rencana tanggap darurat di lapangan95,4%, proses komunikasi pada saat keadaan darurat 100%, proses sistem proteksi keadaan darurat92.8%proses pengendalian energi 100%, proses tim tanggap darurat 70%, proses drill dan latihan 55,6%, proses pertolongan pertama 100%, proses bantuan medis 80%, dan proses persiapan untuk kecelakaan besar 90%. Tingkat pemenuhan rencana tanggap darurat secara keseluruhan sebesar 89,3% artinya pelaksanaannya berjalan dengan baik. Pemenuhan terendah pada proses drill dan pelatihan yaitu sebesar 55,6%yang pelaksanaannya berjalan kurang baik. Perlu dilakukan identifikasi mengenai pelatihan dan dilakukan simulasi secara aktual terhadap penanggulangan keadaan darurat pada tangki Phthalic Anhydride PT. Petrowidada Gresik dari mulai merespon hingga tindakan paska kejadian sehingga meningkatkan kesiapan tim tanggap darurat dalam menghadapi keadaan darurat maupun bencana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 197-14 Sho e
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL SAFETY RATING SYSTEMS
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN275-325 Practical mining operations. Safety measures
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FURI NIHAYATUS SHOLIHAH, 101011263UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dwiyanti, Dra., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 23:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23860
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item