SANITASI KERETA API EKONOMI PASUNDAN DAN KUALITAS LINGKUNGAN FISIK DENGAN KELUHAN KESEHATAN PENUMPANG

ETA DEVIYANTI, 101211123074 (2014) SANITASI KERETA API EKONOMI PASUNDAN DAN KUALITAS LINGKUNGAN FISIK DENGAN KELUHAN KESEHATAN PENUMPANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kereta api merupakan sarana trasportasi yang sangat diminati oleh masyarakat, oleh karena itu diperlukan pengawasan sanitasi dan pengukuran kualitas fisik. Penelitian ini membahas tentang sanitasi dan kualitas lingkungan fisik dengan keluhan kesehatan yang dirasakan oleh penumpang. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain cross sectional. Sampel terdiri 86 orang yang diambil dari populasi 636 dengan cara proposional random sampling. Variabel penelitian adalah sanitasi (pengelolaan sampah, toilet, penyediaan air bersih, pengendalian vektor dan pengelolaan air limbah), kualitas lingkungan fisik (kebisingan, suhu, kelembapan, dan getaran) dan keluhan kesehatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kereta Api Ekonomi Pasundan jurusan Surabaya-Bandung memenuhi syarat adalah Sanitasi dinding, jendela, pintu, tempat duduk, persambungan gerbong, persediaan air bersih, pengendalian vektor dan pengelolaan air limbah. sedangkan yang tidak memenuhi syarat adalah sanitasi lantai, sanitasi langit-langit, sampah dan toilet. Kualitas lingkungan fisik yang memenuhi syarat adalah getaran sedangkan yang tidak memenuhi syarat adalah kebisingan, suhu, dan kelembapan. Keluhan kesehatan yang sering dirasakan oleh penumpang adalah mual. Pada penelitian ini diperlukan pengawasan manajemen di Kereta Api Ekonomi Pasudan Surabaya-Bandung, untuk menyediakan tempat sampah berukuran besar tertutup, dan melakukan pembersihan minimal 3 kali selama perjalanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 220-14 Dev s
Uncontrolled Keywords: SANITATION; PHYSICAL ENVIRONMENT QUALITY
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ETA DEVIYANTI, 101211123074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCorie Indria Prasasti, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 30 Oct 2014 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 15:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23869
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item