EVALUASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN DENGAN APLIKASI ORACLE FINANCE (ORAFIN) PADA HARIAN SEPUTAR INDONESIA BIRO JAWA TIMUR

HAIRIYAH PERMANA SARI HAFIZ, 040338248 (2008) EVALUASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN DENGAN APLIKASI ORACLE FINANCE (ORAFIN) PADA HARIAN SEPUTAR INDONESIA BIRO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-hafizhairi-11904-a1309-k.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-hafizhairi-10663-a1309.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Media cetak dalam hal ini perusahaan surat kabar, merupakan suatu usaha dengan tingkat kegiatan operasional harian yang cukup tinggi. Kegiatan produksi harian serta penjualan harian dalam jumlah/eksemplar yang tidak sedikit, penyebaran ke wilayah yang cukup banyak serta tenaga kerja yang cukup banyak yang berkaitan dengan penjualan koran tersebut. Sebagai perusahaan surat kabar, Harian Seputar Indonesia memerlukan informasi mengenai penjualan koran secara rutin setiap hari nya untuk dapat mengetahui besar nya piutang agen. Informasi yang dibutuhkan tidak hanya tepat waktu, valid, akurat namun juga harus fleksibel, mengingat surat kabar merupakan jenis usaha tunggal namun juga beragam (bisa terdiri atas langganan, eceran dan program penjualan lainnya, maupun retur). Harian Seputar Indonesia Biro Jawa Timur telah memanfaatkan teknologi komputer (menggunakan software) untuk semua divisi yang ada di perusahaan tersebut yang saat itu diberi nama “Sistem Koran” (SISKO) . Namun pada maret 2008 SISKO untuk divisi Keuangan di ubah dengan sistem baru dalam rangka adanya penyeragaman sistem keuangan untuk group Global Mediacom Tbk yang merupakan induk perusahaan Harian Seputar Indonesia (PT. Media Nusantara Informasi) dengan nama Oracle Finance (ORAFIN). Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang menggunakan data berupa kalimat tertulis atau lisan, perilaku, fenomena, peristiwa-peristiwa, pengetahuan atau obyek studi dengan metode studi kasus yang dilakukan secara langsung ke obyek penelitian, yaitu kantor dari Harian Seputar Indonesia (koran Sindo), untuk mengadakan pengamatan dan pengambilan data terhadap obyek yang diteliti. Berdasarkan analisa, kemampuan Sistem Informasi Akuntansi yang dihasilkan oleh ORAFIN Systems tidak menyediakan report atau informasi mengenai posisi piutang agen koran secara ringkas, tetapi Bagian Keuangan dan Akuntansi harus melihat satu per satu pada rekening koran agen yang jumlahnya sangat banyak (hal ini mebutuhkan waktu yang cukup lama dan harus dilakukan rekap ulang, sangat tidak efektif dan efisien serta tingkat keakuratan nya sangat minim). Padahal informasi piutang dibutuhkan oleh Biro Pusat dan Biro Jawa Timur, namun informasi dalam hal ini masih mengutamakan Biro Pusat tidak terperinci untuk Biro Wilayah Jawa Timur ataupun Biro daerah lainnya. Hal ini menyebabkan informasi yang tidak fleksible sedangkan transaksi untuk perusahaan penjualan koran harian, membutuhkan Informasi yang lebih cepat, akurat, tepat dan fleksible.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 13 / 09 Haf e
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Penjualan ; Finance
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HAIRIYAH PERMANA SARI HAFIZ, 040338248UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHendarjatno, Drs., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 12 May 2010 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 03:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2388
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item