MUSTIKA DYAH PERMATASARI (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI POLI GIGI DAN MULUT RSUD DR. SOEGIRI LAMONGAN BERDASARKAN DIMENSI MUTU DABHOLKAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (Halaman Judul)
1. Halaman Judul .pdf Download (538kB) |
|
Text (Abstract)
2. Abstract .pdf Download (270kB) |
|
Text (Daftar Isi)
3. Daftar Isi .pdf Restricted to Registered users only until 6 March 2023. Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (Bab I)
4. Bab I Pendahuluan .pdf Download (445kB) |
|
Text (Bab II)
5. Bab II Tinjauan Pustaka .pdf Restricted to Registered users only until 6 March 2023. Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
6. Bab III Kerangka Konseptual .pdf Restricted to Registered users only until 6 March 2023. Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
7. Bab IV Metode Penelitian .pdf Restricted to Registered users only until 6 March 2023. Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
8. Bab V Hasil Penelitian .pdf Restricted to Registered users only until 6 March 2023. Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (Bab VI)
9. Bab VI Pembahasan .pdf Restricted to Registered users only until 6 March 2023. Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (Bab VII)
10. Bab VII Kesimpulan dan Saran .pdf Restricted to Registered users only until 6 March 2023. Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
11. Daftar Pustaka .pdf Download (272kB) |
|
Text (Lampiran)
12. Lampiran .pdf Restricted to Registered users only until 6 March 2023. Download (889kB) | Request a copy |
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah faktor internal. Faktor internal merupakan prioritas utama yang harus memiliki kualitas prima karena merupakan penentu utama kualitas pelayanan kesehatan yang berdampak pada jumlah kunjungan pasien yang memanfaatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi dalam upaya peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Poli Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan berdasarkan dimensi mutu Dabholkar. Penelitian dilaksanakan di Poli Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan dengan rancangan penelitian observasional cross sectional terhadap 70 responden yang mewakili pasien poli gigi dan mulut dalam satu bulan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada reponden untuk mengetahui tingkat pengetahuan responden tentang aspek fisik, reliabilitas, interaksi personal, pemecahan masalah dan kebijakan berdasarkan dimensi mutu Dabholkar. Menganalisis kekuatan dan kelemahan masing-masing dimensi mutu Dabholkar menggunakan diagram kartesius. Diagram kartesius sangat penting karena merupakan acuan penentuan apa saja yang termasuk kekuatan dan kelemahan kualitas pelayanan di Poli Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan. Pengolahan data dan informasi menghasilkan isu strategis yang digunakan sebagai landasan dalam upaya penyususnan rekomendasi dalam optimalisasi pemanfaatan pelayanan di Poli Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden merasa puas terhadap reliabilitas, interaksi personal dan pemecahan masalah. Namun, responden merasa bahwa aspek fisik dan kebijakan kurang baik. Berdasarkan letak pada diagram kartesius, aspek fisik dan kebijakan merupakan prioritas utama yang harus diperbaiki. Terdapat sejumlah rekomendasi yang disusun berdasarkan hasil temuan penelitian. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan pemanfaatan pelayanan kesehatan dengan memfokuskan pada peningkatan kualitas internal merupakan hal yang sangat penting. Aspek fisik dan kebijakan adalah prioritas utama yang harus diperbaiki, meskipun reliabilitas, interaksi personal, dan pemecahan masalah sudah dinilai baik tetap perlu untuk diperhatikan. Upaya peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Poli Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan dilakukan melalui mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan pertimbangan ketersediaan sumber daya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM. 96-15 Per u | ||||||
Uncontrolled Keywords: | HELATH SERVICES | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics |
||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | ||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 28 Apr 2020 03:10 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23914 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |