ANALISIS PERSEPSI, PENILAIAN, DAN HARAPAN MAHASISWA DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN (Studi di Airlangga Health care centre Universitas Airlangga Surabaya )

JOVIAL DACHMAH PUTRI, 1002109411 (2006) ANALISIS PERSEPSI, PENILAIAN, DAN HARAPAN MAHASISWA DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN (Studi di Airlangga Health care centre Universitas Airlangga Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-putrijovia-2530-fkm165_-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai mutu pelayanan kesehatan dengan analisis Jendela Pelanggan dilakukan untuk memperoleh data mengenai kepuasan pelanggan, yang kemudian dianalisis dan diinterpretasikan untuk dijadikan sebagai bahan masukan untuk pembuatan keputusan manajemen. Hasil studi pendahuluan mengenai mutu pelayanan kesehatan di AHCC menghasilkan bahwa 87,5% responden mengungkapkan mutu pelayanan di AHCC belum baik. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif observasional dan jika ditinjau dari waktu pelaksanaan penelitian termasuk penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Airlangga dari seluruh fakultas. Cara pengambilan sampel dilakukan berdasarkan proporsi yang 3udah pernah berkunjung dan belum berkunjung ke AHCC. Hasil penelitian dianalisis dengan metode Jendela Pelanggan berdasarkan dimensi mutu. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat 10 variabel dimensi mutu yang berada pada kolom Bravo dalam Jendela Pelanggan, yaitu tangibles dokter dan perawat, reliability dokter dan perawat, reliability jam buka, assurance dokter dan perawat, emphaty dokter dan perawat, serta responsibility dokter. Beberapa variabel pada kolom Bravo merupakan prestasi AHCC yang patut dipertahankan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatannya. Terdapat 6 variabel dimensi mutu yang berada dalam kolom Attention, yaitu tangibles gedung, kamar mandi, ruang tunggu, ruang periksa, responsiveness perawat, dan asssurance tarif. Kolom Attention menunjukkan bahwa AHCC belum memberikan kepuasan yang cukup kepada pasien mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ternyata masih terdapat beberapa variabel dimensi mutu yang diharapkan oleh responden namun masih belum dapat dipenuhi oleh AHCC. Maka dari itu, diharapkan kepada AHCC agar memperbaiki penampilan fisik gedung, kamar mandi, ruang tunggu, ruang periksa, pengaturan antrian serta pengkajian ulang tarif yang diberlakukan kepada pasien mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 165/06 Put a
Uncontrolled Keywords: MEDICAL CARE � QUALITY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
JOVIAL DACHMAH PUTRI, 1002109411UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 11 Oct 2006 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 22:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23965
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item