PERBEDAAN PENCAPAIAN PROGRAM KB(KELUARGA BERENCANA)DI PROPINSI JAWA TIMUR SEBELUM DAN SESUDAH OTONOMI DAERAH

Juliantoro Dwi Setiawan, 100411435 (2008) PERBEDAAN PENCAPAIAN PROGRAM KB(KELUARGA BERENCANA)DI PROPINSI JAWA TIMUR SEBELUM DAN SESUDAH OTONOMI DAERAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-setiawanju-12303-fkm280-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-setiawanju-10878-fkm280-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasca otonomi daerah jumlah kelahiran menunjukkan adanya trend meningkat dari tahun ke tahun, hal ini bisa dilihat dari angka TFR (Total Fertility rate ) yang menunjukan angka lebih dari 2,00 setiap tahunnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh program KB yang kurang popular di kalangan pasangan suami istri dan program KB di kabupaten/kota belum berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan pencapaian program KB di Propinsi Jawa Timur sebelum dan sesudah otonomi daerah. Penelitian ini dilaksanakan secara observasional dengan rancang bangun penelitian cross sectional yaitu dengan satu kali pengamatan pada waktu tertentu. Penelitian ini merupakan studi analitik dengan menggunakan metode uji beda untuk melihat perbedaan pencapaian program KB sebelum dan sesudah otonomi daerah di Propinsi Jawa Timur. Hasil analisis dengan uji beda dapat disimpulkan bahwa terdapat beda antara pencapaian program KB sebelum dan sesudah otonomi daerah dengan tingkat signiikansi untuk tiap variabel penelitian masing-masing sebesar 0.000. Sedangkan dari nilai rata-rata pencapaian program dapat disimpulkan periode sebelum otonomi daerah lebih baik dibandingkan dengan periode sesudah otonomi daerah. Dengan demikian peneliti merekomendasikan perlu adanya penguatan kelembagaan dan staf yang menangani proram KB di kabupaten/kota agar lebih berdaya dan mampu, koordinasi yang lebih intensif dari instansi di jajaran pusat, regional dan kabupaten/kota, monitoring dan evaluasi yang lebih intensif terhadap kinerja pencapaian program KB dari kantor-kantor KB di kabupaten/kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 28 09 Set p
Uncontrolled Keywords: FAMILY PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Biostatistika dan Kependudukan
Creators:
CreatorsNIM
Juliantoro Dwi Setiawan, 100411435UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLutfi Agus Salim, S.KM., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 06 Jul 2010 12:00
Last Modified: 24 Oct 2016 16:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item