ANALISIS HARAPAN DAN KEPUASAN IBU BALITA PADA PELAYANAN KESEHATAN DI POSYANDU

Siti Maghfirotun N, 100511756 (2009) ANALISIS HARAPAN DAN KEPUASAN IBU BALITA PADA PELAYANAN KESEHATAN DI POSYANDU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-sitimaghfi-12343-fkm350-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sitimaghfi-10900-fkm350-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Posyandu merupakan jembatan utama Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Peran Posyandu sangat penting karena Posyandu sebagai pelayanan pada tingkat yang paling dasar yang memberikan dan pemantauan pelayanan secara terpadu melalui kegiatan penimbangan bayi dan anak, pemberian makanan tambahan, pemberian oralit, pelayanan imunisasi, pemeriksaan kehamilan, pengobatan, serta pelayanan kesehatan ibu dan anak. Pada fase ini harapan dan kepuasan digunakan untuk mengukur cakupan D/S di Posyandu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui harapan dan kepuasan ibu balita pada Posyandu, penelitian di Posyandu Kambingan dan Posyandu Cerme Lor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Besar sampel 87 yang terdiri dari 40 ibu balita Posyandu Kambingan dan 47 ibu balita Posyandu Cerme Lor, yang diambil secara Accidental Sampling. Cara pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, survei dengan kuesioner. Penyajian data dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian di Posyandu Kambingan dan Posyandu Cerme Lor yang dapat dilihat dari mean komposit antara harapan dan kepuasan. Pada Posyandu Kambingan mean komposit harapan 3,5 artinya sangat berharap dan mean komposit kepuasan 2,8 artinya puas yang berarti tidak ada masalah. Pada Posyandu Cerme Lor mean komposit harapan 3,3 artinya sangat berharap dan mean komposit kepuasan 2,48 artinya kurang puas yang berarti ada masalah pada Posyandu Cerme Lor yaitu pada peran kader dalam melakukan penyuluhan; peran ibu PKK dalam keaktifannya untuk datang ke Posyandu; peran ibu PKK sebagai penggerak untuk datang ke Posyandu, dan ibu PKK melakukan penyuluhan kesehatan di dalam dan di luar Posyandu; sarana alat ukur tinggi badan dan tempat bermain untuk balita. Upaya untuk meningkatkan cakupan D/S di Posyandu Cerme Lor antara lain meningkatkan kesadaran ibu balita agar tetap membawa balita ke Posyandu meskipun tetap bekerja, meningkatkan keaktifan kader Posyandu Cerme Lor, meningkatkan peran kader melakukan penyuluhan, membuat jadwal rutin untuk penyuluhan oleh kader serta memberikan pelatihan dan motivasi kerja pada kader, mengadakan rotasi atau pergantian ibu PKK 2 tahun sekali, meningkatkan keaktifan, kedisiplinan, kekompakan, kesadaran dan tanggungjawab ibu PKK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 35 09 Sit a
Uncontrolled Keywords: PUBLIC HEALTH
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Siti Maghfirotun N, 100511756UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dr. Stefanus Supriyanto, dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 07 Jul 2010 12:00
Last Modified: 23 Oct 2016 21:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24087
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item