EVALUASI SISTEM SURVEILANS SENTINEL HIV DI DINAS KESEHATAN KOTA MOJOKERTO

Santy Wahyu N, 100511768 (2009) EVALUASI SISTEM SURVEILANS SENTINEL HIV DI DINAS KESEHATAN KOTA MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-santywahyu-12363-fkm420-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-santywahyu-10920-fkm420-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kota Mojokerto termasuk kota terbanyak ke enam di Jawa Timur dengan penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan sudah pada tingkat epidemi yang terkonsentrasi karena memiliki kantong-kantong epidemi dengan prevalensi lebih dari 5% pada subpopulasi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pelaksanaan sistem surveilans sentinel HIV di Dinas Kesehatan Kota Mojokerto meliputi input, proses dan output serta berdasarkan atribut surveilans. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan bentuk evaluasi. Subyek evaluasi adalah sistem surveilans sentinel HIV di Kota Mojokerto selama tahun 2008. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada petugas pelaksana surveilans sentinel HIV dan telaah dokumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan disajikan secara narasi dan menggunakan tabel, grafik dan gambar sebagai penjelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem surveilans sentinel HIV Dinas Kesehatan Kota Mojokerto meliputi input, proses dan output keseluruhan sudah baik namun ketenagaan belum sesuai dengan Kepmenkes RI No. 1116/Menkes/SK/VIII/2003. Berdasarkan atribut surveilans, sistem surveilans sentinel HIV di Dinas Kesehatan Kota Mojokerto mempunyai format laporan, rekapitulasi data HIV dan sistem pelaporannya mudah dan sederhana. Fleksibilitas belum bisa diukur, mempunyai kualitas data yang tinggi, akseptabilitas yang tinggi, sensitivitas yang tinggi, NPP yang tinggi, stabilitas yang tinggi, representatif dan pelaksanaan surveilans sentinel HIV telah terjadwal dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan sistem surveilans sentinel HIV Dinas Kesehatan Kota Mojokerto meliputi input, proses, output dan berdasarkan atribut surveilans sudah baik. Namun ketenagaan belum sesuai dengan Kepmenkes RI No. 1116/Menkes/SK/VIII/2003. Saran untuk pelaksanaan surveilans sentinel HIV di Dinas Kesehatan Kota Mojokerto adalah memperluas sub-populasi yang menjadi sasaran pelaksanaan surveilans sentinel HIV, meningkatkan intensitas penyebaran informasi tentang HIV, meningkatkan promosi pelayanan klinik VCT dan pentingnya pemeriksaan dini terhadap penyakit HIV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 42/09 San e
Uncontrolled Keywords: HIV (VIRUSES)
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Santy Wahyu N, 100511768UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucia Y Hendrati, S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 07 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 06:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24093
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item